Rufaidah, Afni (2023) Hubungan Lingkungan Belajar Klinik dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Profesi Keperawatan. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
Text
22020119130037-Afni Rufaidah-Hal. Depan.pdf Download (893kB) |
|
Text
22020119130037-Afni Rufaidah-Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
|
Text
22020119130037-Afni Rufaidah-Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
|
Text
22020119130037-Afni Rufaidah-Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
|
Text
22020119130037-Afni Rufaidah-Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
Text
22020119130037-Afni Rufaidah-Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text
22020119130037-Afni Rufaidah-Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
Text
22020119130037-Afni Rufaidah-Daftar Pustaka.pdf Download (298kB) |
|
Text
22020119130037-Afni Rufaidah-Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan profesi keperawatan merupakan tahap lanjutan bagi mahasiswa setelah bergelar sarjana keperawatan untuk menjadi perawat profesional bergelar Ners. Selama pendidikan profesi, mahasiswa profesi keperawatan rentan dan berisiko terhadap stres karena proses yang mereka hadapi. Hal tersebut karena mahasiswa profesi keperawatan yang sedang menjalani pembelajaran klinik mengalami perubahan dari kehidupan saat berada di jenjang akademik ke kehidupan praktik nyata sehingga mahasiswa profesi keperawatan sangat rentan terhadap stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar klinik dengan tingkat stres pada mahasiswa profesi keperawatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan teknik sampel convenience sampling dengan jumlah sampel sebanyak 98 mahasiswa profesi keperawatan yang sedang melaksanakan praktik di RSUP Dr. Kariadi, Semarang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner CLES+T untuk mengukur lingkungan belajar klinik dan kuesioner PSS yang telah dikembangkan oleh Sheu et al pada tahun 1997 untuk mengukur tingkat stres pada mahasiswa profesi keperawatan. Analisis data menggunakan pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 53 responden (54,1%) menyatakan bahwa lingkungan belajar klinik baik dan sebanyak 72 responden (73,5%) mengalami stres sedang. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan antara lingkungan belajar klinik dengan tingkat stres pada mahasiswa profesi keperawatan dengan nilai p value 0,002 (<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar -0,308. Bagi pihak staf keperawatan disarankan untuk meningkatkan lingkungan belajar klinik yang positif, kondusif dan mendukung.
Kata Kunci: Lingkungan Belajar Klinik, Stres, Mahasiswa Profesi Keperawatan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Medicine |
Divisions: | Faculty of Medicine > Department of Nursing |
Depositing User: | S.Hum Bekti Iskandar |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 08:05 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 08:05 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18193 |
Actions (login required)
View Item |