Search for collections on Undip Repository

Hubungan Mindfulness dengan Resiliensi Akademik pada Remaja Awal

Meisaroh, Aulia and Dewi, Nur Setiawati (2023) Hubungan Mindfulness dengan Resiliensi Akademik pada Remaja Awal. Undergraduate thesis, Diponegoro University.

[img] Text
22020119130064-Aulia Meisaroh-Hal.Depan.pdf

Download (600kB)
[img] Text
22020119130064-Aulia Meisaroh-Bab.I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
22020119130064-Aulia Meisaroh-Bab.II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
22020119130064-Aulia Meisaroh-Bab.III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text
22020119130064-Aulia Meisaroh-Bab.IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
22020119130064-Aulia Meisaroh-Bab.V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
22020119130064-Aulia Meisaroh-Bab.VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
22020119130064-Aulia Meisaroh-Daftar Pustaka.pdf

Download (340kB)
[img] Text
22020119130064-Aulia Meisaroh-Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siswa SMP merupakan individu yang memasuki tahap usia remaja awal, dimana memiliki tekanan akademik yang tinggi sehingga diperlukan tingkat resiliensi akademik yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mindfulness dengan resiliensi akademik pada remaja awal. Penelitian sebelumnya membahas terkait hubungan mindfulness dengan resilisiensi, dimana terdapat perbedaan pada aspek-aspek pembentuk resiliensi dengan resiliensi akademik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Total sampel pada penelitian ini adalah 319 siswa dari salah satu SMP di Kabupaten Karanganyar, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Data diambil menggunakan kuesioner Academic Resilience Scale dan CAMM Bahasa Version, kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara mindfulness dengan resiliensi akademik pada remaja awal dengan nilai p value (0,656). Tingkat mindfulness dan resiliensi akademik yang tinggi dapat membantu siswa dalam mengatasi tekanan-tekanan akademik yang dihadapi siswa.
Kata Kunci : Resiliensi Akademik, Mindfulness, Remaja Awal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: S.Hum Bekti Iskandar
Date Deposited: 21 Nov 2023 04:37
Last Modified: 29 Nov 2023 07:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/18168

Actions (login required)

View Item View Item