Search for collections on Undip Repository

PENGARUH GREEN MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN PRODUK LE MINERALE KOTA SEMARANG 141adbis2022

Tusyaidah, Anisa (2022) PENGARUH GREEN MARKETING DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN PRODUK LE MINERALE KOTA SEMARANG 141adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1. COVER.pdf - Submitted Version

Download (974kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf - Submitted Version

Download (412kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (218kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (432kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)

Abstract

Industri yang terus berkembang dengan pesat mendorong para produsen
untuk dapat memberikan inovasi pada produknya. Belakangan ini isu lingkungan
menjadi sangat penting karena ancaman kerusakan ekosistem akibat sampah plastik
yang dihasilkan dari kegiatan domestik. Peristiwa tersebut menimbulkan kesadaran
konsumen terhadap kesehatan lingkungan sehingga menyebabkan konsumen lebih
selektif dalam melakukan pembelian. Berbagai strategi yang dilakukan perusahaan
untuk dapat merebut pangsa pasar dan mempertahankan konsumen yaitu dengan
menerapkan strategi green marketing dan membangun citra merek yang kuat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara green marketing
dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk Le Minerale kemasan gallon
dikota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan metode
nonprobability sampling yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner kepada 96 responden yang pernah melakukan pembelian
produk Le Minerale kemasan gallon. Metode analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi dengan menggunakan aplikasi SPSS 26.0.
Teknik analisis data penelitian ini melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji
koefisien korelasi, koefisien determinasi analisis regresi linier sederhana dan
berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif
dan signifikan dari green marketing dan citra merek terhadap keputusan pembelian
dengan sumbangan pengaruh sebesar 60,1%, green marketing terhadap keputusan
pembelian dengan sumbangan pengaruh sebesar 51,9%, dan citra merek terhadap
keputusan pembelian dengan sumbangan pengaruh sebesar 46,3 % pada masyarakat
kota Semarang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik penerapan green
marketing dan citra merek maka keputusan pembelian semakin naik. Adapun saran
yang bisa dilakukan oleh perusahaan yaitu melakukan kegiatan yang berkonsep
ramah lingkungan, edukasi mengenai recycle point, meningkatkan penyaluran
informasi mengenai konsep green marketing yang diterapkan serta gencarnya
mengenalkan produk serta keunggulannya di berbagai media agar mudah dikenal
oleh target pasar secara luas.
Kata Kunci : Green Marketing, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Nov 2023 04:30
Last Modified: 16 Nov 2023 04:30
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17989

Actions (login required)

View Item View Item