Search for collections on Undip Repository

PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TEH HITAM CELUP TAMBI (STUDI PADA KONSUMEN PT PERKEBUNAN TAMBI WONOSOBO) 136adbis2022

Munafi’, Muhamad Ulum (2022) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TEH HITAM CELUP TAMBI (STUDI PADA KONSUMEN PT PERKEBUNAN TAMBI WONOSOBO) 136adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (971kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (488kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (586kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version

Download (56kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (135kB)

Abstract

PT Perkebunan Tambi adalah salah satu perusahaan teh di Kabupaten Wonosobo
yang memproduksi berbagai macam teh salah satunya Teh Hitam Celup Tambi.
Berdasarkan data penjualan Teh Hitam Celup Tambi mulai tahun 2017 sampai
dengan tahun 2021 penjualan Teh Hitam Celup Tambi fluktuatif, terlebih pada
tahun 2020 mengalami penurunan yang drastis mencapai -68,9%.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan adanya pengaruh harga
dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Teh Hitam Celup Tambi di
Wonosobo. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik
pengambilan sampel purposive sampling dan accidental sampling. Pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini dengan mengajukan kuesioner terhadap
responden. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 97 responden di
Kabupaten Wonosobo yang pernah membeli atau mengkonsumsi Teh Hitam Celup
Tambi. Metode analisis data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas,
koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji analisis regresi sederhana dan
regresi berganda, lalu uji signifikansi (uji t dan uji F) dengan menggunakan program
SPSS for windows version 25,0.
Hasil penelitian ini menunjukkan nilai koefisiensi regresi pada variabel
harga terhadap keputusan pembelian senilai -0,382, sedangkan nilai koefisiensi
kualitas produk terhadap keputusan pembelian senilai 0,303. Berdasarkan hasil
tersebut maka dapat diketahui harga secara parsial memiliki pengaruh negatif
signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Kualitas produk secara parsial
berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Harga dan
kualitas produk secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
variabel keputusan pembelian.
Saran dari penelitian ini yaitu agar perusahaan mengevaluasi penetapan
harga dan kemasan produk serta tata cara penyajian produk sehingga dapat menarik
para konsumen untuk melakukan pembelian Teh Hitam Celup Tambi
Kata kunci: Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:59
Last Modified: 16 Nov 2023 02:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17979

Actions (login required)

View Item View Item