Search for collections on Undip Repository

PENGARUH POSITIONING, DIFERENSIASI PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE (STUDI PADA MAHASISWA PENGGUNA IPHONE DI KOTA SEMARANG) 135adbis2022

WIJAYANTI, ANGGUN WIDYA (2022) PENGARUH POSITIONING, DIFERENSIASI PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE (STUDI PADA MAHASISWA PENGGUNA IPHONE DI KOTA SEMARANG) 135adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (650kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (559kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (77kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)

Abstract

Alat komunikasi merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk
menunjang serangkaian aktivitas manusia. Alat komunikasi yang saat ini sangat
dibutuhkan masyarakat adalah smartphone dimana telepon pintar ini dapat
dihubungkan dengan internet yang dapat membantu masyarakat untuk
berkomunikasi, mengembangkan bisnis, memutar musik dan kegiatan lainnya.
Apple inc. merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang
telekomunikasi. Salah satu produk yang banyak diminati konsumen adalah Iphone
yang merupakan ponsel cerdas dengan sistem operasi iOS. Berdasarkan data Top
Brand Index wilayah Semarang pada tahun 2019 hingga tahun 2021, Iphone
mengalami penurunan secara berturut-turut.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengguna Iphone di Kota
Semarang yang melakukan pembelian atas kemauan sendiri. Sampel yang
digunakan sebanyak 100 responden menggunakan teknik non-probability sampling
dengan cara accidental dan purposive sampling. Tipe penelitian ini adalah
explanatory research. Data yang digunakan adalah data bersumber dari kuesioner.
Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi, dan uji asumsi klasik.
Untuk melakukan analisis data digunakan bantuan software SPSS 26.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa positioning, diferensiasi produk, dan
citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian. Positioning, diferensiasi produk, dan citra merek secara bersama-sama
(simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Saran yang dapat diberikan kepada perusahaan adalah perusahaan perlu
memperhatikan tentang Iphone yang tidak mudah diperbaiki jika mengalami
kerusakan dan perusahaan juga harus memperhatikan service center Iphone yang
hanya ada di kota-kota besar, sehingga untuk pengguna yang berada di kota kecil
tidak kesulitan jika harus memperbaiki Iphone yang rusak.

Kata Kunci: Positioning, Diferensiasi Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 16 Nov 2023 02:50
Last Modified: 16 Nov 2023 02:50
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17978

Actions (login required)

View Item View Item