Search for collections on Undip Repository

Analisis Preferensi Konsumen Untuk Berbelanja di KPRI Universitas Diponegoro (Studi Pada Konsumen KPRI Universitas Diponegoro di Kota Semarang) 114adbis2022

Izzati, Munifatul (2022) Analisis Preferensi Konsumen Untuk Berbelanja di KPRI Universitas Diponegoro (Studi Pada Konsumen KPRI Universitas Diponegoro di Kota Semarang) 114adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (420kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (198kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)

Abstract

Koperasi berperan secara aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan
anggota dan masyarakat di sekitarnya dan peran koperasi bisa memperkokoh
perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian
nasional. KPRI Universitas Diponegoro merupakan salah satu KPRI yang berada
di Semarang Jawa Tengah. Berdasarkan data tingkat penjualan pada tahun 2019
sampai 2021 KPRI Universitas Diponegoro mengalami fluktuatif akibat adanya
pandemi Covid-19.
Riset ini bertujuan untuk mengetahui faktor preferensi konsumen yang
dipertimbangkan oleh konsumen untuk berbelanja. Tipe penelitian ini adalah
deskriptif. Metode pengambilan sampel pada riset ini adalah nonprobability
sampling dengan cara accidental sampling. Sebanyak 110 responden konsumen
KPRI Universitas Diponegoro dijadikan sampel penelitian. Untuk menganalisis
terhadap uji yang digunakan menggunakan bantuan software SPSS 26.
Hasil riset menunjukan bahwa terbentuk faktor sebanyak dua komponen
faktor yang dinamakan faktor keunggulan dan faktor promosi. Faktor-faktor yang
dominan yang menjadi preferensi konsumen dalam berbelanja di KPRI
Universitas Diponegoro adalah faktor produk, faktor kualitas pelayanan, faktor
promosi dan faktor lokasi, dan faktor yang paling penting dalam berbelanja di
KPRI Universitas Diponegoro adalah faktor kualitas pelayanan.
Berdasarkan hasil tersebut maka disarankan supaya KPRI Universitas
Diponegoro terlebih dahulu me ningkatkan kualitas produk, kualitas pelayanan,
promosi dan lokasi sehingga konsumen tertarik untuk berkunjung dan berbelanja
kembali di KPRI Universitas Diponegoro.

Kata Kunci : Preferensi Konsumen, KPRI Universitas Diponegoro, analisis faktor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:25
Last Modified: 14 Nov 2023 08:25
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17939

Actions (login required)

View Item View Item