Search for collections on Undip Repository

PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA COFFEE SHOP PIJAR (Studi pada Coffee Shop Pijar di Tembalang) 112adbis2022

Putri, Anastasia Dwi (2022) PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP REVISIT INTENTION MELALUI CUSTOMER SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA COFFEE SHOP PIJAR (Studi pada Coffee Shop Pijar di Tembalang) 112adbis2022. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (530kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebiasaan nongkrong merupakan salah satu manifestasi dari pergeseran gaya
hidup yang disebabkan oleh perkembangan zaman saat ini. Kebiasaan nongkrong
mendorong lahirnya coffee shop sebagai sarana yang paling diminati masyarakat
sehingga pendirian coffee shop meningkat secara pesat seperti halnya yang terjadi di
daerah Tembalang, Semarang. Oleh sebab itu, setiap coffee shop harus
mempersiapkan strategi yang tepat untuk memenangkan persaingan antar kompetitor
yang ada, salah satunya dengan menyediakan store atmosphere yang nyaman. Melalui
store atmosphere yang nyaman, maka diharapkan pengunjung mendapatkan
pengalaman kunjungan yang baik sehingga menciptakan kepuasan kepada konsumen
yang nantinya mendorong konsumen tersebut melakukan revisit intention di waktu
mendatang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap
revisit intentions melalui customer satisfaction pada konsumen Pijar di daerah
Semarang. Tipe penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dengan
menggunakan nonprobability sampling dan metode purposive sampling kuesioner
sebagai meteode pengumpulan data. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 100
responden konsumen Pijar yang dipilih berdasarkan pertimbangan. Penelitian
menggunakan teknik analisis Partial Least Square, yang diestimasi dengan program
SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh store atmosphere
terhadap customer satisfaction, terdapat pengaruh store atmosphere terhadap revisit
intention, terdapat pengaruh revisit intention dan customer satisfaction. Berdasarkan
hasil uji pengaruh tidak langsung pada SmartPLS 3.0, terdapat pengaruh store
atmosphere terhadap revisit intention melalui customer satisfaction. Berdasarkan hasil
uji mediasi dengan metode VAF, customer satisfaction merupakan variabel
intervening parsial dalam memediasi pengaruh store atmosphere terhadap revisit
intention.
Adapun saran yang dapat diberikan kepada Coffee Shop Pijar agar lebih
meningkatkan pengelolaan suasana toko yang lebih nyaman melalui fasilitas-fasilitas
yang diberikan serta diimbangi dengan kualitas pelayanan serta kualitas produk yang
memadai.
Kata Kunci: Store Atmosphere, Revisit Intentions, customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:02
Last Modified: 07 Jun 2024 01:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17937

Actions (login required)

View Item View Item