Search for collections on Undip Repository

PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE, MACHINE LEARNING DAN DEEP LEARNING PADA KURIKULUM AKUNTANSI - A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

PURBA, Kesia Athania (2023) PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE, MACHINE LEARNING DAN DEEP LEARNING PADA KURIKULUM AKUNTANSI - A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S___Cover___12030119130124.pdf - Published Version

Download (414kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S___Abstrak_(Inggris)___12030119130124.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S___Abstrak_(Indonesia)___12030119130124.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S___Daftar_Isi___12030119130124.pdf - Published Version

Download (399kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S___Daftar_Pustaka___12030119130124.pdf - Published Version

Download (681kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S___Fulltext_PDF_Bookmarks___12030119130124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya penerapan artificial
intelligence, machine learning dan deep learning dalam kurikulum akuntansi di
lembaga pendidikan akuntansi berdasarkan artikel penelitian yang dipublikasikan.
Penelitian ini juga bertujuan mengeksplorasi celah dalam ilmu pengetahuan untuk
mengembangkan studi akademis di masa depan. Penelitian ini menggunakan
metode systematic literature review (SLR) untuk menganalisis berbagai artikel
yang terpublikasi pada jurnal akademik yang terindeks dalam Scopus yang terbit
pada tahun 2020 hingga 2023. Artikel disaring menggunakan kata kunci yang
ditentukan yang diperoleh dari berbagai jurnal peringkat teratas sehingga
ditemukan sebanyak dua puluh artikel yang ditinjau. Metode SLR digunakan untuk
menelaah topik/tema, hasil, metodologi, rekomendasi dan batasan artikel artikel
yang diterbitkan. Hasil analisis memberi bukti bahwa lembaga pendidikan
akuntansi perlu mengikuti perkembangan teknologi digital terkini sehingga calon
akuntan yang dihasilkan memiliki keterampilan teknologi yang baik. Sejalan
dengan kemungkinan perubahan keterampilan akuntansi yang dibutuhkan di masa
depan, akuntan harus berusaha menghadapi perubahan yang dibawa oleh teknologi.
Teknologi baru seperti artificial intelligence, machine learning dan deep learning
harus diadopsi untuk memaksimalkan peluang yang akan diperoleh di tahun-tahun
mendatang. Temuan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang substansial
pada lembaga pendidikan dalam menyesuaikan kurikulum akuntansi dengan
perkembangan digital untuk menghasilkan lulusan akuntansi yang mampu bersaing
di pasar tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: artificial intelligence, machine learning, deep learning, kurikulum akuntansi, SLR
Subjects: Economics and Business > Accounting
Economics and Business
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Accounting
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:36
Last Modified: 20 Oct 2023 06:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17280

Actions (login required)

View Item View Item