Search for collections on Undip Repository

Pengaruh Persepsi Greenwashing, Green Word of Mouth, dan Green Marketing terhadap Purchase Intention H&M Di Jakarta

Natasya, Rasya (2023) Pengaruh Persepsi Greenwashing, Green Word of Mouth, dan Green Marketing terhadap Purchase Intention H&M Di Jakarta. Masters thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
SAMPUL.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (589kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (308kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (188kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

Greenwashing telah lama menjadi isu di negara-negara Barat dan maju. Namun, sayangnya hal ini masih kurang dieksplorasi di kalangan akademisi di pasar negara berkembang, khususnya di Indonesia. Penelitian kuantitatif yang disajikan berfokus pada dampak persepsi greenwashing, green word of mouth (“green WOM”) dan green marketing terhadap purchase intention di H&M di Jakarta. Hipotesis dijawab dengan model SEM-PLS menggunakan software SmartPLS3. Berdasarkan kuesioner yang diberikan kepada 200 responden di Jakarta diperoleh hasil bahwa persepsi greenwashing tidak memberikan pengaruh terhadap purchase intention dan green WOM yang dapat dipengaruhi oleh faktor kurangnya kepedulian dan kesadaran di Jakarta. Temuan ini berbeda dengan beberapa penelitian di Eropa yang dijadikan referensi saat melakukan penelitian ini. Pada saat yang sama, green WOM memperkuat pengaruh antara green marketing dan purchase intention. Green marketing berpengaruh terhadap purchase intention dan green WOM. Dalam meningkatkan peran green WOM sebagai mediator, pelaku bisnis dapat mengurangi skeptisisme konsumen sehingga menumbuhkan feedback positif konsumen terhadap suatu produk. Implikasi praktisnya bagi perusahaan adalah mengambil langkah-langkah penting menuju keberlanjutan dan perlunya mengadopsi pendekatan berbasis fakta. Pelaku usaha dapat mempersiapkan tindakan green marketing yang lebih substantif, nyata dan transparan kepada konsumen. Perusahaan juga harus mampu memanfaatkan peluang untuk membentuk perilaku konsumen yang sadar akan kelestarian lingkungan untuk meningkatkan niat beli konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Master Program in Business Administration
Depositing User: Rusmanto MABIS
Date Deposited: 19 Oct 2023 05:23
Last Modified: 19 Oct 2023 05:23
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/17265

Actions (login required)

View Item View Item