Search for collections on Undip Repository

AKSES INFORMASI DAN MOTIF PEMILIHAN PASAR PADA PETANI KOPI GIRI SENANG, KECAMATAN CILENGKRANG, KABUPATEN BANDUNG

Kusumaningrum, Talitha Syahada and Prasetyo, Agus Subhan and Prayoga, Kadhung (2023) AKSES INFORMASI DAN MOTIF PEMILIHAN PASAR PADA PETANI KOPI GIRI SENANG, KECAMATAN CILENGKRANG, KABUPATEN BANDUNG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Talitha Syahada_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Talitha Syahada_BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Talitha Syahada_BAB II.pdf

Download (404kB)
[img] Text
Talitha Syahada_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
Talitha Syahada_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Talitha Syahada_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
Talitha Syahada_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kopi menjadi salah satu komoditi yang dibudidayakan di Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Setiap petani memiliki preferensi tersendiri dalam memilih pasar kopi terkait dengan perolehan akses informasi dan motif yang dimiliki. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis akses informasi petani terhadap pasar kopi serta motif petani dalam pemilihan pasar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari – Maret 2023 di Kelompok Tani Giri Senang, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung sebagai kelompok tani yang berhasil ekspor kopi hingga ke mancanegara dan setiap petani memiliki pemilihan pasarnya tersendiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan analisis model Miles and Huberman. Informan berjumlah 15 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan informan kunci adalah ketua koperasi Giri Senang dan informan utama adalah petani kopi yang memiliki akses terhadap informasi pasar serta memilih sendiri pasar untuk penjualan hasil tani kopinya. Data primer didapatkan melalui wawancara dan observasi terkait akses informasi dan pemilihan pasar. Pengumpulan data sekunder diperoleh dari kelompok tani, jurnal, dan literatur terkait akses informasi dan pemilihan pasar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis Miles and Huberman untuk mendeskripsikan akses informasi dan motif petani dalam pemilihan pasar. Hasil penelitian menunjukkan akses informasi pasar kopi dapat diperoleh melalui media sosial dan informasi langsung. Motif petani kopi dalam memilih pasar yaitu sebagai bentuk adaptasi dan adanya peluang untuk pemasaran yang lebih luas. Saran yang diberikan adalah dengan memaksimalkan sosialisasi penggunaan media sosial secara merata, memperluas target pasar, serta peningkatan koordinasi dan pengawasan dalam penjualan produk ke konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: akses informasi, kopi, motif, petani
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 12 Oct 2023 06:21
Last Modified: 12 Oct 2023 06:21
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16993

Actions (login required)

View Item View Item