Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT ADOPSI DALAM PENGGUNAAN DIGITAL BANK DARI PERSPEKTIF GENERASI Z

SUPRIYADI, Fortuna Tunggadewi (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI NIAT ADOPSI DALAM PENGGUNAAN DIGITAL BANK DARI PERSPEKTIF GENERASI Z. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S__Cover__12020219130043.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S__Abstrak_(Inggris)__12020219130043.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S__Abstrak_(Indonesia)__12020219130043.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S__Daftar_Isi__12020219130043.pdf - Published Version

Download (251kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S__Daftar_Pustaka__12020219130043.pdf - Published Version

Download (425kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._S__Fulltext_PDF_Bookmarks__12020219130043.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Digital bank merupakan layanan keuangan terbaru yang menawarkan
layanan perbankan secara online tanpa adanya kontak langsung dengan nasabah.
Namun, tingkat penggunaan digital bank masih tergolong rendah menunjukkan
banyak masyarakat yang belum menggunakan digital bank untuk melakukan
aktivitas keuangan. Untuk itu penelitian bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor
yang mempengaruhi niat adopsi digital banking pada generasi Z di Indonesia.
Penelitian dilaksanakan secara kuantitatif menggunakan data primer melalui
pendekatan teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2
(UTAUT2). Kuesioner penelitian disusun berdasarkan rangkaian indikator masingmasing variabel dan diukur dengan Skala Likert lima poin. Penelitian memperoleh
232 respons yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner online. Pengujian
validitas dan reliabilitas instrumen dilaksanakan sebelum data diolah dengan teknik
analisis data, Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Value, Habit, Facilitating
Condition, Hedonic Motivation, dan Social Influence memiliki pengaruh positif
signifikan terhadap niat penggunaan digital bank. Sebaliknya, variabel
Performance Expectancy dan Effort Expectancy tidak menunjukkan pengaruh
positif signifikan terhadap niat penggunaan digital bank. Oleh sebab itu, penyedia
layanan digital bank dapat meningkatkan nilai manfaat yang lebih tinggi
dibandingakan biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna, beserta peningkatan
kualitas layanan untuk meningkatkan komitmen dan kepuasan pengguna digital
bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: digital bank, niat perilaku, adopsi teknologi
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:55
Last Modified: 04 Oct 2023 06:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item