Rahmadian, Muhammad Raihan (2023) KAMPANYE “I NEED SWITZERLAND” SEBAGAI NATION BRANDING SWITZERLAND UNTUK MENDUKUNG INDUSTRI PARIWISATA PADA MASA COVID-19 74HI2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (484kB) |
![]() |
Text
bab-1.pdf - Submitted Version Download (193kB) |
![]() |
Text
bab-2.pdf - Submitted Version Download (545kB) |
![]() |
Text
bab-3.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
bab-4.pdf - Submitted Version Download (146kB) |
![]() |
Text
daftar-pustaka.pdf - Submitted Version Download (162kB) |
Abstract
Pandemi COVID-19 merusak berbagai sektor seperti ekonomi dan
turisme.Pendapatan dari sektor turisme global pada tahun 2020 mengalami penurunan
$1,2 Trilliun USD dibandingkan dengan tahun 2019 yang mencatat keuntungan sebesar
$1,4 Trilliun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa strategi nation branding yang
dilakukan oleh pemerintah Switzerland dalam mengatasi krisis dalam negeri khususnya
sektor pariwisata yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, dan upayanya terhadap
citra negara di Brand Strength Index (BSI). Penelitian ini menjelaskan mengenai
dampak atau hasil yang diperoleh negara Switzerland terhadap Nation Brand-nya
sesudah memperbarui kampanye I need Switzerland yang masuk dalam Global
Recovery Campaign yang digunakan sebagai kampanye dalam masa pemulihan akibat
COVID-19. Sektor turisme Switzerland menyumbang sebesar 8,7% terhadap PDB
nasionalnya pada tahun 2019 sehingga peneliti melihat topik ini menarik untuk
dibahas. Metode yang dipergunakan peneliti pada penelitian ini ialah metode kualitatif
melalui penggunaan sumber data sekunder yang mencakup kajian pustaka dengan
menggunakan sumber berupa jurnal, buku, artikel dan media massa. Penelitian ini
menggunakan konsep Diplomasi Publik dan Nation Branding. Hasil dari strategi nation
branding yang baik dapat meningkatkan sektor turisme dan Nation Brand Strength.
Kata Kunci: Nation Branding, Turisme, Diplomasi Publik, Nation Brand Strength,
Switzerland
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 04:58 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:11 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |