Search for collections on Undip Repository

KAMPANYE “I NEED SWITZERLAND” SEBAGAI NATION BRANDING SWITZERLAND UNTUK MENDUKUNG INDUSTRI PARIWISATA PADA MASA COVID-19 74HI2023

Rahmadian, Muhammad Raihan (2023) KAMPANYE “I NEED SWITZERLAND” SEBAGAI NATION BRANDING SWITZERLAND UNTUK MENDUKUNG INDUSTRI PARIWISATA PADA MASA COVID-19 74HI2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (484kB)
[img] Text
bab-1.pdf - Submitted Version

Download (193kB)
[img] Text
bab-2.pdf - Submitted Version

Download (545kB)
[img] Text
bab-3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab-4.pdf - Submitted Version

Download (146kB)
[img] Text
daftar-pustaka.pdf - Submitted Version

Download (162kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 merusak berbagai sektor seperti ekonomi dan
turisme.Pendapatan dari sektor turisme global pada tahun 2020 mengalami penurunan
$1,2 Trilliun USD dibandingkan dengan tahun 2019 yang mencatat keuntungan sebesar
$1,4 Trilliun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa strategi nation branding yang
dilakukan oleh pemerintah Switzerland dalam mengatasi krisis dalam negeri khususnya
sektor pariwisata yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, dan upayanya terhadap
citra negara di Brand Strength Index (BSI). Penelitian ini menjelaskan mengenai
dampak atau hasil yang diperoleh negara Switzerland terhadap Nation Brand-nya
sesudah memperbarui kampanye I need Switzerland yang masuk dalam Global
Recovery Campaign yang digunakan sebagai kampanye dalam masa pemulihan akibat
COVID-19. Sektor turisme Switzerland menyumbang sebesar 8,7% terhadap PDB
nasionalnya pada tahun 2019 sehingga peneliti melihat topik ini menarik untuk
dibahas. Metode yang dipergunakan peneliti pada penelitian ini ialah metode kualitatif
melalui penggunaan sumber data sekunder yang mencakup kajian pustaka dengan
menggunakan sumber berupa jurnal, buku, artikel dan media massa. Penelitian ini
menggunakan konsep Diplomasi Publik dan Nation Branding. Hasil dari strategi nation
branding yang baik dapat meningkatkan sektor turisme dan Nation Brand Strength.

Kata Kunci: Nation Branding, Turisme, Diplomasi Publik, Nation Brand Strength,
Switzerland

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of International Relations
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:58
Last Modified: 03 Nov 2023 07:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16912

Actions (login required)

View Item View Item