Search for collections on Undip Repository

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SURAT IJIN MENGEMUDI (SIM) PADA SATUAN PENYELENGGARA ADMINISTRASI SIM (SATPAS) POLRESTABES SEMARANG 136publik2023

Pratama, Reifandi Yusuf (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN SURAT IJIN MENGEMUDI (SIM) PADA SATUAN PENYELENGGARA ADMINISTRASI SIM (SATPAS) POLRESTABES SEMARANG 136publik2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (881kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (645kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (153kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Submitted Version

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan SIM pada Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Polrestabes Semarang. Satuan Penyelenggaraan Administrasi SIM (SATPAS) Polrestabes Semarang merupakan unsur pelaksana yang bertugas menyelenggarakan tugas kepolisian mencakup penjagaan, pengaturan, pengawalan, patroli, pendidikan masyarakat dan rekayasa lalu lintas. Selain itu Satlantas juga melakukan kegiatan seperti halnya registrasi dan identifikasi pengemudi kendaraan bermotor, penyidikan insiden kecelakaan lalu lintas dan melakukan penegakan hukum dalam bidang lalu lintas. Peneliti menggunakan data primer yang didapatkan, baik melalui pengamatan langsung maupun pertanyaan yang diajukan langsung kepada responden, Kemudian data yang diperoleh bisa dicatat atau direkam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi secara langsung serta dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang. Wawancara yang dilakukan yaitu wawancara semi struktur dengan aparatur kepolisian dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan masih belum memuaskan walaupun memiliki fasilitas dan ketanggapan petugas yang sudah baik. Kualitas Pelayanan SIM pada Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (SATPAS) Polrestabes Semarang disimpulkan dengan tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan rekomendasi untuk pengadaan sosialisasi anti jasa perantara kepada masyarakat, melakukan bimbingan kepada petugas agar terbentuk pribadi yang jujur, baik dan berkompeten. Selain itu, penambahan petugas guna mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Faktor Pendukung dan Penghambat Satuan Penyelenggara Administrasi SIM Polrestabes Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 02 Oct 2023 06:45
Last Modified: 02 Nov 2023 07:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16812

Actions (login required)

View Item View Item