Pertiwi, Samudra Sindy (2023) Ekspresi Fanatisme ARMY Penggemar BTS (Perempuan) di Indonesia Dalam Instagram 95kom2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (285kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Submitted Version Download (476kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (150kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Download (140kB) |
|
Text
BAB V.pdf - Submitted Version Download (8kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Submitted Version Download (250kB) |
|
Text
LAMPIRAN .pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
Abstract
Fenomena budaya penggemar atau fan culture sekarang ini sedang terjadi di
berbagai aspek kemanusiaan, baik budaya, sosial, ekonomi, politik dan hiburan.
Fenomena fan culture terbentuk berasal karena adanya seperangkat norma yang
berasal dari penggemar itu sendiri. Namun perlahan budaya penggemar perlahan
mengalami perubahan dalam kegiatan fandom. Terkhusus fandom ARMY
Indonesia, terkenal sebagai penggemar yang loyal kepada BTS, tidak jarang
mereka memperlihatkan perilaku fanatisme mereka yang sering memposting
segala hal tentang BTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa motivasi
ARMY mengikuti BTS, bagaimana aktivitas yang terjadi dan bagaimana bentuk
ekspresi fanatisme yang dilakukan dalam Instagram. Beberapa teori yang
digunakan untuk menelaah fenomena ini, antara lain Teori Bandwagon Effect,
Teori Hubungan Parasosial, dan Teori Participatory Culture. Metode yang
digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yang
berfokus pada pengalaman yang dimiliki oleh informan. Untuk menggali
informasi yang mendalam dari informan, peneliti menggunakan teknik wawancara
mendalam (in dept interview). Hasil dari penelitian ini, motivasi ARMY dalam
mengikuti BTS yaitu dapat dijelaskan karena berasal dari sirkel atau ikut-ikutan
kawanannya dan ketertarikan yang berasal dari diri sendiri. Motivasi ARMY
dalam menyukai BTS juga dapat dijelaskan dengan cara individu menyukai atau
mencintai idolnya karena faktor fisik yang ditampilkan. Kemudian aktivitas dalam
media sosial dapat menciptakan rasa keintiman, perasaan terhubung, persahabatan
dan identifikasi dengan figur media. Aktivitas aktif yang biasanya dilakukan oleh
informan dapat ditunjukan dengan memberikan tanda suka, saling berbalas
komentar dan mengirim pesan di Instagram serta membagikan ulang unggahan
tentang BTS. Beberapa aktivitas yang dilakukan informan secara tidak langsung
membuat informan merasa lebih dekat dengan ARMY, merupakan bagian dari
hubungan parasosisal. Untuk ekspresi fanatisme dapat ditunjukan dengan cara
yang beragam di Instagram, yaitu dengan menonton konser, membuat konten
video pendek tentang BTS saat konser, mengunggah foto konser, membuat konten
unboxing merchandise untuk diabadikan dan mengoleksi merchandise, mulai dari
album, photocard, baju, topi, dan pernak-pernik lainnya, merupakan bagian
indikator dari participatory culture yaitu memproduksi, membaca dan menulis.
Keywords : Fan Culture, Fanatisme, BTS, Penggemar, Instagram
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 09:07 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 06:17 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16773 |
Actions (login required)
View Item |