Search for collections on Undip Repository

KEBERHASILAN IMPLEMENTASI PROGRAM KOTAKU SEBAGAI UPAYA PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO 133publik2023

Falabiba, Azkya (2023) KEBERHASILAN IMPLEMENTASI PROGRAM KOTAKU SEBAGAI UPAYA PENANGANAN PERMUKIMAN KUMUH DI KELURAHAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO 133publik2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (818kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (369kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (971kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (877kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (157kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tingginya kepadatan penduduk di Indonesia berakibat munculnya permasalahan pada beberapa aspek, salah satunya masalah permukiman kumuh. Permukiman kumuh adalah suatu wilayah dengan beberapa permasalahan seperti kualitas permukiman tidak sesuai dengan standar minimal serta minimnya ketersediaan sarana prasarana pada suatu daerah sehingga perlu penanganan serius melalui strategi dan program penanganan yang tepat. Kelurahan Kutoarjo Kabupaten Purworejo merupakan salah satu wilayah kumuh yang berhasil mengurangi luasan wilayah kumuhnya sebesar 12% dalam kurun waktu 6 (enam) tahun melalui Program Kotaku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan implementasi program dan siapa saja aktor yang berperan penting dalam keberhasilan implementasi Program Kotaku. Metode penelitian yang digunakan menggunakan tipe deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan implementasi Program Kotaku diawali dengan puncak kesuksesan pada kegiatan sosialisasi karena masyarakat sangat aktif dan mendukung adanya Program Kotaku. Adanya masalah yang terjadi pada tahap pelaksanaan dapat diselesaikan dengan baik oleh warga yang peduli terhadap kondisi lingkungan tempat tinggalnya. Hal ini mempengaruhi proses implementasi pada tahap-tahap selanjutnya karena sebagian besar pelaksana Program Kotaku adalah masyarakat sendiri. Aktor penting yang terlibat adalah Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo sebagai policy creator, Koordinator Kotaku (Korkot) dan Fasilitator Kelurahan (faskel) sebagai koordinator, Faskel dan Pemerintah Kelurahan sebagai fasilitator dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan tokoh masyarakat sebagai implementor.

Kata kunci: Implementasi, Permukiman kumuh, Program Kotaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:41
Last Modified: 02 Nov 2023 07:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16762

Actions (login required)

View Item View Item