Search for collections on Undip Repository

KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM NEGOSIASI BISNIS RADIO KIS SEMARANG 88kom2023

Dzikri, Usaid Abdullah (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM NEGOSIASI BISNIS RADIO KIS SEMARANG 88kom2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (595kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (325kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (118kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version

Download (237kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version

Download (112kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (121kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)

Abstract

Industri radio yang saat ini mengalami trend penurunan membuat jumlah pendengar
radio semakin turun dan juga belanja iklan radio yang semakin menurun. Namun
Radio KIS sebagai radio berbasis katolik di Semarang berhasil mendapatkan sekitar
sepuluh pengiklan sebulan. Hal yang cukup banyak di tengah lesunya industri radio.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana komunikasi persuasif
digunakan Radio KIS dalam negosiasi bisnis mendapatkan pengiklan, dengan
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, dengan teknik analisis data Model Miles and Huberman. Teori yang
digunakan di penelitian ini adalah teori Motivated sequence dan model komunikasi
negosiasi Lawrence kincaid.
Hasil penelitian menunjukkan tim marketing Radio KIS melakukan komunikasi
persuasif kepada calon pengiklan menggunakan teori Motivated Sequence dengan
memfokuskan pada satisfication dimana di langkah ini tim marketing berupaya
memberikan solusi yang memuaskan, memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan
masalah calon pengiklan. Penerapan Motivated Sequence ini membuat pesan
persuasif marketing Radio KIS menjadi lebih argumentatif dan lebih meyakinkan
calon pengiklan untuk beriklan di Radio KIS. Begitu pula dalam negosiasi, tim
marketing Radio KIS menggunakan model komunikasi Lawrence Kincaid, dimana
marketing Radio KIS berupaya mempersuasi calon pengiklan dan juga berupaya
memahami keinginan dan kebutuhan calon pengiklan, dan juga memberikan
berbagai alternatif solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi bisnis
yang dialami oleh calon pengiklan, sehingga kedua belah bisa dapat mencapai
kesepakatan bersama yang menjadi tujuan dari negosiasi bisnis, sehingga
kepentingan kedua belah pihak dapat terpenuhi.
Kata kunci: komunikasi persuasif, negosiasi bisnis, Radio KIS Semarang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:01
Last Modified: 02 Nov 2023 04:46
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16744

Actions (login required)

View Item View Item