Dzikri, Usaid Abdullah (2023) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM NEGOSIASI BISNIS RADIO KIS SEMARANG 88kom2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
Text
COVER.pdf - Submitted Version Download (595kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (325kB) |
|
Text
BAB 2.pdf - Submitted Version Download (118kB) |
|
Text
BAB 3.pdf - Submitted Version Download (237kB) |
|
Text
BAB 4.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
Text
BAB 5.pdf - Submitted Version Download (112kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (121kB) |
|
Text
Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
Abstract
Industri radio yang saat ini mengalami trend penurunan membuat jumlah pendengar
radio semakin turun dan juga belanja iklan radio yang semakin menurun. Namun
Radio KIS sebagai radio berbasis katolik di Semarang berhasil mendapatkan sekitar
sepuluh pengiklan sebulan. Hal yang cukup banyak di tengah lesunya industri radio.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana komunikasi persuasif
digunakan Radio KIS dalam negosiasi bisnis mendapatkan pengiklan, dengan
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi
kasus. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara, dengan teknik analisis data Model Miles and Huberman. Teori yang
digunakan di penelitian ini adalah teori Motivated sequence dan model komunikasi
negosiasi Lawrence kincaid.
Hasil penelitian menunjukkan tim marketing Radio KIS melakukan komunikasi
persuasif kepada calon pengiklan menggunakan teori Motivated Sequence dengan
memfokuskan pada satisfication dimana di langkah ini tim marketing berupaya
memberikan solusi yang memuaskan, memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan
masalah calon pengiklan. Penerapan Motivated Sequence ini membuat pesan
persuasif marketing Radio KIS menjadi lebih argumentatif dan lebih meyakinkan
calon pengiklan untuk beriklan di Radio KIS. Begitu pula dalam negosiasi, tim
marketing Radio KIS menggunakan model komunikasi Lawrence Kincaid, dimana
marketing Radio KIS berupaya mempersuasi calon pengiklan dan juga berupaya
memahami keinginan dan kebutuhan calon pengiklan, dan juga memberikan
berbagai alternatif solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi bisnis
yang dialami oleh calon pengiklan, sehingga kedua belah bisa dapat mencapai
kesepakatan bersama yang menjadi tujuan dari negosiasi bisnis, sehingga
kepentingan kedua belah pihak dapat terpenuhi.
Kata kunci: komunikasi persuasif, negosiasi bisnis, Radio KIS Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication |
Depositing User: | diana nirwani |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:01 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 04:46 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16744 |
Actions (login required)
View Item |