Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PELAYANAN PERIZINAN TENAGA KESEHATAN DENGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI CERDAS LAYANAN TERPADU UNTUK PUBLIK (SICANTIK) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN WONOGIRI 127publik2023

Barokah, Artika Mukti (2023) ANALISIS PELAYANAN PERIZINAN TENAGA KESEHATAN DENGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI CERDAS LAYANAN TERPADU UNTUK PUBLIK (SICANTIK) DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPATEN WONOGIRI 127publik2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (557kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (729kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (708kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (302kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Surat izin tenaga kesehatan merupakan bukti tertulis secara sah diterbitkan oleh
DPMPTSP Kabupaten Wonogiri yang wajib dimiliki oleh tenaga kesehatan untuk
menjalankan praktiknya. Pada tahun 2022, pelayanan perizinan tenaga kesehatan
dilakukan melalui aplikasi SICANTIK. Namun, dalam pelaksanaannya belum
sepenuhnya berjalan optimal. Laporan SKM tahun 2022 juga menunjukkan bahwa
sarana prasarana dan kompetensi pelaksana DPMPTSP Kabupaten Wonogiri
memiliki nilai rata-rata terendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
kualitas pelayanan perizinan tenaga kesehatan dengan aplikasi sistem informasi
cerdas layanan terpadu untuk publik (SICANTIK) di DPMPTSP Kabupaten
Wonogiri, serta mengidentifikasi dan menganalisis faktor pendorong dan faktor
penghambat kualitas pelayanan dengan menggunakan teori kualitas pelayanan
menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry dengan bantuan analisis data berupa
software Atlas.ti. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan analisis
deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perizinan
tenaga kesehatan masih belum optimal pada dimensi tangible, reliability dan
responsiveness. Permasalahan yang ditemukan meliputi terdapat sarana yang belum
terpenuhi, ketidaktepatan waktu penerbitan perizinan, kurangnya kemampuan dan
kecermatan pegawai, lambatnya respon serta adanya penolakan data pemohon.
Adapun faktor penghambatnya yaitu gangguan jaringan dan error system aplikasi
SICANTIK, adanya maintenance (pemeliharaan sistem), terbatasanya kompetensi
sumber daya pelaksana di bidang IT, perbedaan regulasi mengenai aturan waktu
pelayanan, minimnya pemahaman masyarakat terhadap prosedur pelayanan serta
belum optimalnya komunikasi dan sosialisasi. Rekomendasi dalam penelitian ini
adalah dapat dilakukan penentuan skala prioritas dalam pengembangan sarana dan
prasarana, mengadakan pelatihan, peningkatan kapasitas pegawai berkaitan
penggunaan sistem aplikasi SICANTIK, serta melakukan sosialisasi secara efektif
dan tepat sasaran.

Kata Kunci : kualitas pelayanan, izin tenaga kesehatan, aplikasi SICANTIK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 29 Sep 2023 01:09
Last Modified: 02 Nov 2023 06:59
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16737

Actions (login required)

View Item View Item