Search for collections on Undip Repository

SEKSUALITAS DAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @TAULEBIH.ID

CAHYANINGSIH, IDA (2023) SEKSUALITAS DAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @TAULEBIH.ID. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO IDA CAHYA.pdf - Published Version

Download (252kB)

Abstract

Remaja didefinisikan sebagai fase peralihan yang krusial dan rentan terhadap berbagai macam perubahan yang mendatangkan beragam risiko, terutama masalah seksualitas dan kesehatan reproduksi yang masih dianggap tabu. Perkembangan ke arah digitalisasi memfasilitasi remaja untuk mengakses konten edukasi seksualitas dan kesehatan reproduksi. Instagram sebagai platform dengan pengguna terbanyak memunculkan beragam akun edukasi, salah satunya @taulebih.id yang bervisi menormalisasikan diskusi terkait hak kesehatan seksualitas dan reproduksi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan karakteristik, pengetahuan, sikap, dan akses konten edukasi dengan praktik seksualitas dan kesehatan reproduksi remaja pengikut akun Instagram @taulebih.id. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif secara cross-sectional. Populasi terdiri dari remaja berusia 18−24 tahun, belum menikah, berdomisili di Indonesia, dan followers akun @taulebih.id. Teknik pengumpulan sampel menggunakan self-selection sampling. Penelitian dilaksanakan di Indonesia pada 14−23 Agustus 2023 terhadap 413 responden. Hasil uji bivariat menggunakan chi-square menunjukkan terdapat hubungan antara jenis kelamin (p-value=0,000), pendidikan (p-value=0,022), pengetahuan (p-value=0,003), dan sikap (p-value=0,001) dengan praktik seksualitas dan kesehatan reproduksi responden. Uji multivariat menemukan beberapa variabel yang secara bersama-sama berpengaruh terhadap praktik seksualitas dan kesehatan reproduksi, yaitu sikap (p-value=0,037 dan OR=1,769), pendidikan
(p-value=0,027 dan OR=1,744), pengetahuan (p-value=0,038 dan OR=1,697) dan jenis kelamin (p-value=0,000 dan OR=0,129). Dari 10 variabel yang diuji, hanya empat variabel yang memiliki hubungan signifikan dengan praktik seksualitas dan kesehatan reproduksi.

Kata kunci : remaja, seksualitas, kesehatan reproduksi, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:36
Last Modified: 26 Sep 2023 06:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16647

Actions (login required)

View Item View Item