Search for collections on Undip Repository

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO SERTA E-LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN SERTA DAN PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA REMAJA DI WILAYAH PUSKESMAS ROWOSARI SEMARANG

TAMITA, NISRINA SHAFA (2023) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO SERTA E-LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN SERTA DAN PENCEGAHAN HIPERTENSI PADA REMAJA DI WILAYAH PUSKESMAS ROWOSARI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO NISRINA SHAFA.pdf - Published Version

Download (432kB)

Abstract

Hipertensi umumnya terjadi pada kalangan usia dewasa, namun beberapa tahun terakhir telah mengalami pergeseran menjadi usia muda dan meningkat setiap tahunnya. Salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki prevalensi hipertensi tinggi yakni Kota Semarang terutama di wilayah kerja Puskesmas Rowosari. Penyebab hipertensi pada remaja yakni karena rendahnya pengetahuan dan sikap terkait kesehatan seta upaya pencegahannya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui media video serta e-leaflet terhadap pengetahuan dan sikap pencegahan hipertensi pada remaja. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan non-equivalent control group (pre-test post-test) dan analisis uji statistic Mann Whitney, Wilcoxon, Mc Nemar, serta Chi Square. Subjek penelitian adalah 66 remaja di wilayah kerja Puskesmas Rowosari Semarang yang kemudian dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan ada perbedaan antara pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,008) kelompok eksperimen sebelum dan sesudah intervensi. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan adanya perbedaan pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,000) pada kelompok eksperimen dan kontrol setelah dilakukan intervensi. Hasil uji Mc Nemar menunjukkan ada 7 item pertanyaan variabel pengetahuan dan 1 item pertanyan sikap kelompok eksperimen yang memiliki perbedaan (p<0,05). Hasil uji Chi Square tidak ada hubungan antara usia dengan variabel terikat (p>0,05) pada kelompok eksperimen dan kontrol.

Kata kunci : Pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, hipertensi, remaja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 25 Sep 2023 03:08
Last Modified: 25 Sep 2023 03:08
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16568

Actions (login required)

View Item View Item