Search for collections on Undip Repository

Terjemahan Bahasa Indonesia dan Validasi Linguistik Modul Mastektomi BREAST-Q: Deskripsi Proses

Korwa, Ivani Yunita and Prajoko, Yan Wisnu (2023) Terjemahan Bahasa Indonesia dan Validasi Linguistik Modul Mastektomi BREAST-Q: Deskripsi Proses. Masters thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak-5-1.docx

Download (14kB)

Abstract

Pendahuluan: Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada wanita. Berdasarkan data International Agency for Research on Cancer in GLOBOCAN (Global Cancer Statistics) tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara di seluruh dunia sekitar 2.261.419 orang. Mastektomi merupakan pengobatan andalan untuk kanker payudara. Namun, hal itu merusak citra tubuh pasien dan memiliki efek buruk pada emosi, psikologi, dan kehidupan sosial. BREAST-Q adalah ukuran hasil yang dilaporkan pasien (PROM) yang dikembangkan secara ketat yang dirancang untuk mengevaluasi hasil antara wanita yang menjalani berbagai jenis operasi payudara dari sudut pandang pasien. Metode: Proses penerjemahan dilakukan sesuai petunjuk yang tertera pada Pedoman Terjemahan dan Adaptasi Budaya Kuisioner Q-Portofolio. Prosesnya terdiri dari membentuk tim penerjemah dan merekrut penerjemah, penerjemah maju dan mundur, diskusi panel dan wawancara pembekalan kognitif.
Hasil: Beberapa item yang berbeda diidentifikasi kemudian didiskusikan dan kemudian disepakati versi terjemahan yang direkonsiliasi. Kami memperoleh persetujuan dari Q-portofolio untuk memulai proses wawancara. Secara keseluruhan item pertanyaan dan pilihan jawaban dapat dengan mudah dipahami oleh responden. Setelah langkah-langkah prosedur selesai, versi final kemudian disetujui oleh tim Q-Portofolio dan modul Mastektomi versi Bahasa Indonesia dari BREAST-Q dapat diterapkan.
Kesimpulan: Terjemahan dan validasi linguistik modul Mastektomi dari BREAST-Q, sekarang memungkinkan untuk memasukkan perspektif pasien dalam penilaian hasil setelah operasi payudara terutama mastektomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Modul Mastektomi BREAST-Q, PROM, Kualitas hidup, Kanker payudara
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Master Program of Specialist Medical
Depositing User: Upload Mandiri FK
Date Deposited: 21 Sep 2023 06:47
Last Modified: 21 Sep 2023 06:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16478

Actions (login required)

View Item View Item