Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTAPAGELARAN WAYANG KULIT GAYA KLATENAN SEBAGAI EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL DITINJAU DARI HUKUM HAK CIPTA_160 Dagang 2023

HAPSARI, YASINTA RATNANINGDYAH and Santoso, Budi and Triyono, Triyono (2023) PERLINDUNGAN HUKUM HAK CIPTAPAGELARAN WAYANG KULIT GAYA KLATENAN SEBAGAI EKSPRESI BUDAYA TRADISIONAL DITINJAU DARI HUKUM HAK CIPTA_160 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemerintah Indonesia berusahamelindungi EBT denganUUHC No. 28 Tahun 2011. WayangkulitGagragKlatenanmerupakan salah satubudayatradisionalturun-temurun .Wayang Kulit Gagrag Klatenan berada di bawah pengelolaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Daerah Klaten, Dewan Kesenian Daerah Klaten dan Persatuan Dalang Indonesia Klaten. Namun terdapat kendala dalam melindungi Wayang Kulit Gagrag Klatenan karena tidak adanya dana khusus, banyak dalang yang tidak menggunakan paket wayang kulit klatenan, banyak dalang yang tidakmengetahui hak cipta di masyarakat, dan sedikitnya pengakuan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perlindungan hukum Wayang kulit karya Gagrag Klaten dalam UUHC No. 28 Tahun 2011 serta peran dan kegiatan pemerintah Klaten dalam melestarikan dan melindungi teaterwayangkulit ala Klatenan. Metode yang digunakan dalam karya ini adalah pendekatan hukum empiris, spesifikasi penelitian deskriptif analitis, sumber dan jenis data menggunakan data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan, dan teknik analisis bahan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah perlindungan wayang kulit gagrag klatenan berdasarkan Pasal 23(2) UUHC, melarang pihak lain untuk menyiarkan atau mentransmisikan pertunjukan pelaku, serta merekam pertunjukan yang tidak disetujui, memperoleh rekaman dengan cara atau format apa pun, mendistribusikan rekaman acara atau salinannya, menyewakan rekaman acara atau salinannya kepada publik, dan merekam presentasi yang tersedia untuk umum. Peran dan upaya Pemkab Klaten dalam melestarikan dan melindungi Pagelaran Wayang Kulit Gagrag Klaten berdasarkan ketentuan Pasal Undang-Undang Pemerintahan Daerah No. 23 Tahun 2011 dan Keputusan Bupati Klaten No. 52 Tahun 2017. Pedoman Pelestarian dan pengembangan nilai adat dan sosial budaya masyarakat Kabupaten Klate dan Pasal 3 Peraturan Daerah Kabupaten Klaten No. 13 Tahun 2019 tentang pemajuan kesenian daerah. Pelaksanaannya bertempat di wilayah kerja Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Klaten (penawaran event, festival dan lomba, serta iklan dan publikasi); Dewan Kesenian Klaten (untuk penyelenggaraan acara melalui Komisi Dalangan); dan PEPADI Klaten (kerangka kewenangan masing-masing sektor).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Hak Cipta, Wayang Kulit, Ekspresi Budaya Tradisional
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:29
Last Modified: 19 Oct 2023 06:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16340

Actions (login required)

View Item View Item