Search for collections on Undip Repository

ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN BARANG DAN UPAYA MEMINIMALISIR KERUSAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (DMAIC) DI PT POS INDONESIA (SENTRAL PENGOLAHAN POS SEMARANG)

Monica, Yasinta Tria (2023) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN BARANG DAN UPAYA MEMINIMALISIR KERUSAKAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (DMAIC) DI PT POS INDONESIA (SENTRAL PENGOLAHAN POS SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[thumbnail of S_Yasinta Tria Monica.pdf] Text
S_Yasinta Tria Monica.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of COVER_Yasinta Tria Monica.pdf] Text
COVER_Yasinta Tria Monica.pdf - Published Version

Download (394kB)
[thumbnail of BAB I_Yasinta Tria Monica.pdf] Text
BAB I_Yasinta Tria Monica.pdf - Published Version

Download (288kB)
[thumbnail of DAPUS_Yasinta Tria Monica.pdf] Text
DAPUS_Yasinta Tria Monica.pdf - Published Version

Download (192kB)

Abstract

Saat ini banyak perusahaan yang menyediakan jasa pengiriman barang. PT. Pos
Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa logistik,
kurir, dan transaksi keuangan. Namun pada proses kerjanya diketahui menimbulkan
kerusakan barang kiriman milik konsumen. Pada bulan November 2022 sampai
dengan bulan April 2023 menyebabkan kerusakan sebanya 149 barang dengan ratarata nilai sigma sebesar 4,85 sigma. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir
kerusakan barang dengan menggunakan pendekatan DMAIC. Penulis melakukan
penelitian dengan metode kualitatif karena peneliti ingin memahami fenomena
yang terjadi pada penelitiannya secara menyeluruh. Sehingga dapat mencari upaya
yang dapat dilakukan untuk usaha perbaikan pada fenomena yang terjadi di
penelitiannya. Dari hasil penelitian diketahui terdapat empat jenis defect
(kerusakan) yang diantaranya yakni sobek packaging, rusak, isolasi dan basah.
Setelah dianalisis faktor penyebab dari kerusakan barang kiriman tersebut berasal
dari faktor yang diantaranya: man, method, material, environment, dan machine.
Manusia merupakan faktor utama dari terjadinya kerusakan barang kiriman milik
konsumen dikarenakan prosedur kerja yang tidak sepenuhnya berjalan serta
kurangnya koordinasi, baik antara sesama karyawan maupun antara karyawan
dengan konsumen. Maka dari itu diperlukan perbaikan terhadap penyebab
kerusakan barang kiriman secara berkala.
Kata Kunci: Kerusakan barang, DMAIC, Analyze, Improve.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan barang, DMAIC, Analyze, Improve.
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 07 Sep 2023 04:24
Last Modified: 19 Sep 2023 04:09
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/16118

Actions (login required)

View Item View Item