Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PELAYANAN PENGADUAN PUBLIK PADA APLIKASI PORJO (PENGADUAN ONLINE RAKYAT PURWOREJO) DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN KABUPATEN PURWOREJO 116publik2023

Fadhilah, Farah Alya (2023) ANALISIS PELAYANAN PENGADUAN PUBLIK PADA APLIKASI PORJO (PENGADUAN ONLINE RAKYAT PURWOREJO) DI DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA, STATISTIK DAN PERSANDIAN KABUPATEN PURWOREJO 116publik2023. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (666kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (789kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (371kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (190kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Purworejo
telah memiliki layanan khusus pengaduan bagi masyarakat Purworejo yaitu melalui
Aplikasi Porjo (Pengaduan Online Rakyat Purworejo), namun dalam
pelaksanaanya masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pelayanan pengaduan pada aplikasi Porjo serta faktor pendukung dan penghambat
dalam pelayanan Porjo. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif
deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori 5 dimensi
menurut Zeithaml yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance,
dan empathy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pengaduan pada
aplikasi Porjo di Dinkominfo Kabupaten Purworejo sudah menerapkan lima
dimensi tersebut, namun pada dimensi tangible, reliability dan responsiveness
belum menunjukkan hasil yang maksimal, sebab masih ada sarana prasarana yang
belum memadai, kurang jelasnya SOP yang dijalankan, dan petugas yang kurang
tanggap dalam memberikan respon kepada pengguna layanan. Faktor pendukung
dalam pelayanan pengaduan aplikasi Porjo meliputi pemahaman masyarakat dalam
penggunaan aplikasi Porjo dan kemampuan petugas dalam proses pelayanan.Faktor
penghambat dalam pelayanan pengaduan aplikasi Porjo meliputi keterbatasan
sumber daya manusia, kurang optimalnya pengenalan layanan kepada masyarakat,
dan kurang jelasnya SOP aplikasi Porjo.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pengaduan, PORJO

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 04 Sep 2023 06:45
Last Modified: 02 Nov 2023 06:36
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15949

Actions (login required)

View Item View Item