Search for collections on Undip Repository

Teori Permainan Nonkooperatif dari Tiga Pemain dengan Metode Keseimbangan Nash pada Penentuan Strategi Pemasaran Bisnis Ritel di Kalangan Mahasiswa

Danastri, Alifa Listya (2023) Teori Permainan Nonkooperatif dari Tiga Pemain dengan Metode Keseimbangan Nash pada Penentuan Strategi Pemasaran Bisnis Ritel di Kalangan Mahasiswa. Undergraduate thesis, UNDIP.

[img] Text
TA File 1 Pendahuluan - Alifa Listya Danastri - Alifa Listya Danastri.pdf

Download (296kB)
[img] Text
TA File 2 Isi - Alifa Listya Danastri - Alifa Listya Danastri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
TA File 3 Daftar Pustaka - Alifa Listya Danastri - Alifa Listya Danastri.pdf

Download (126kB)

Abstract

Sebuah bisnis ritel perlu memiliki strategi pemasaran untuk menarik konsumen. Analisis strategi pemasaran yang optimal dilakukan dengan model matematika, yaitu teori permainan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji konsep teori permainan tiga pemain dan menerapkannya untuk menganalisis strategi pemasaran optimal dari tiga bisnis ritel pada kalangan mahasiswa di sekitar kampus Universitas Diponegoro. Teori permainan yang digunakan adalah permainan nonkooperatif tiga pemain berjumlah tak nol dengan menguji keseimbangan Nash murni untuk menentukan strategi pemasaran optimal. Hasil yang diperoleh yaitu strategi optimal untuk Toko A adalah strategi lokasi yang strategis dengan akses yang mudah dengan ekspektasi peningkatan kepuasan sebesar 5,367; Toko B adalah strategi variasi produk yang lengkap dan beragam dengan ekspektasi peningkatan kepuasan sebesar 5,367; sedangkan jika Toko C merespons dengan menggunakan strategi variasi produk yang lengkap dan beragam maka kemungkinan terburuknya akan mengalami ketertinggalan tingkat kepuasan konsumen maksimal sebesar 5,367. Keseimbangan Nash dapat digunakan pada permainan nonkooperatif berjumlah tak nol dengan jumlah pemain dan jumlah strategi yang berhingga. Ketika strategi keseimbangan Nash tercapai, pemain tidak dapat beralih ke strategi lain untuk menaikkan pembayarannya sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sciences and Mathemathic
Divisions: Faculty of Science and Mathematics > Department of Mathematics
Depositing User: Nurcahya Yulian
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:57
Last Modified: 25 Aug 2023 03:57
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15628

Actions (login required)

View Item View Item