Search for collections on Undip Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BARANG ELEKTRONIK MELALUI MARKETPLACE TOKOPEDIA APABILA TERJADI KETIDAKSESUAIAN ANTAR BARANG YANG DIPESAN DAN BARANG YANG DIKIRIMKAN. _077 Dagang 2023

Tsaqif, Muhammad Naufal and Prananingtyas, Paramita and Rahmanda, Bagus (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BARANG ELEKTRONIK MELALUI MARKETPLACE TOKOPEDIA APABILA TERJADI KETIDAKSESUAIAN ANTAR BARANG YANG DIPESAN DAN BARANG YANG DIKIRIMKAN. _077 Dagang 2023. Undergraduate thesis, Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saat ini, jumlah kegiatan transaksi online di Indonesia sedang meningkat. Banyak sekali orang yang menggunakan platform digital (dalam kasus ini marketplace Tokopedia) untuk melakukan transaksi secara online dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu barang/produk yang sering dibeli maupun dijual secara online adalah barang elektronik. Berdasarkan latar belakang yang disebutkan di atas, maka penulis menyusun penulisan hukum yang akan membahas perlindungan hukum bagi konsumen dalam transaksi perdagangan barang elektronik melalui marketplace Tokopedia dan bentuk pertanggungjawaban pihak market place apabila terjadi ketidak sesuaian barang yang dikirimkan dengan barang yang dipesan dalam transaksi pembelian barang elektronik melalui marketplace Tokopedia. Metode pendekatan yang digunakan oleh penulis dalam penulisan hukum ini adalah pendekatan hukum yuridis empiris. Spesifikasi penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitis. Untuk penarikan kesimpulan, metode yang digunakan oleh penulis adalah metode analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, marketplace Toko pedia telah berusaha memberikan upaya preventif dalam perlindungan konsumen melalui pemberian kesempatan kepada konsumen untuk melakukan pengecekan produk dan apabila terdapat ketidak sesuaian pesanan maka pihak market place Tokopedia akan turut bertanggungjawab untuk menyelesaikan sengketa tersebut. Meski begitu, upaya ini masih belum maksimal dalam hal memberikan perlindungan terhadap hak-hak konsumen.
Kata kunci: Perlindungan Hukum, Tokopedia, Ketidaksesuaian Barang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Tokopedia, Ketidaksesuaian Barang
Subjects: Law
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Perpus FH1
Date Deposited: 27 Oct 2023 09:11
Last Modified: 27 Oct 2023 09:13
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15612

Actions (login required)

View Item View Item