Search for collections on Undip Repository

MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN MENGGUNAKAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX

FAJRIN, Mohammad (2023) MENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN MENGGUNAKAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX. Undergraduate thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

[img] Text (Cover)
1._S_Cover_12020217130061.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Abstrak (Inggris))
4._S_Abstrak_(Inggris)_12020217130061.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Abstrak (Indonesia))
5._S_Abstrak_(Indonesia)_12020217130061.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (Daftar Isi)
6._S_Daftar_Isi_12020217130061.pdf - Published Version

Download (236kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
12._S_Daftar_Pustaka_12020217130061.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16.S_Fulltext_PDF_Bookmarks_12020217130061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB)

Abstract

Pengungkapan pertanggungjawaban sosial lingkungan Islam produk
makanan dan minuman penting bagi kebutuhan masyarakat muslim. Global
Reporting Index kurang maksimal dalam mengakomodir kebutuhan mayoritas
masyarakat Indonesia. Indeks Islamic Social Reporting dapat digunakan untuk
mengukur kinerja pertanggungjawaban sosial lingkungan Islam. Penelitian ini
bertujuan untuk mengukur kinerja pertanggungjawaban sosial lingkungan Islam
perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Jakarta Islamic Index
(JII) menggunakan indeks Islamic Social Reporting.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan
metode pengumpulan data studi pustaka. Objek penelitian pada penelitian ini
adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di JII pada tahun 2021
dan mengeluarkan laporan tahunan dan laporan keberlanjutan.
Hasil penelitian ini menunjukkan kriteria pengungkapan ISR masih
banyak yang belum diungkapkan oleh perusahaan. Sebagian besar kriteria yang
diungkapkan adalah kriteria yang memiliki landasan peraturan atau perundangundangan yang mewajibkan perusahaan melakukan pengungkapan. Perusahaan
yang melakukan pengungkapan kinerja pertanggungjawaban sosial lingkungan
Islam paling banyak hingga paling sedikit adalah Indofood, Indofood CBP,
Unilever, Japfa, Kalbe Farma, dan Charoen Phokpand.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kinerja, pertanggungjawaban sosial, Islamic Social Reporting
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Islamic Economics
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Islamic Economics
Depositing User: Mr Sulamul Hadi
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:18
Last Modified: 24 Aug 2023 02:18
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15579

Actions (login required)

View Item View Item