Search for collections on Undip Repository

Obesitas Sentral dan Kejadian Dislipidemia Pada Usia Dewasa

Fatikha Kusumaningtyas, Rahma and Syauqy, Ahmad and Probosari, Enny Obesitas Sentral dan Kejadian Dislipidemia Pada Usia Dewasa. -. (Unpublished)

[img] Text
Abstrak-Rahma Fatikha.pdf

Download (210kB)

Abstract

Latar Belakang: Prevalensi obesitas sentral dan dislipidemia cukup tinggi pada usia dewasa. Obesitas sentral merupakan salah satu penyebab masalah kesehatan, salah satunya dislipidemia.
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan obesitas sentral dengan kejadian dislipidemia pada usia dewasa di Indonesia.
Metode: Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan desain studi cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk berusia ≥ 19 tahun di Indonesia. Data dianalisis menggunakan uji chi-square, t-test, dan uji regresi logistik ganda.
Hasil: Kejadian dislipidemia lebih banyak ditemukan pada wanita serta individu yang bekerja dan tinggal di perkotaan. Usia, jenis kelamin, tempat tinggal, tingkat pendidikan, status pekerjaan, dan perilaku merokok berhubungan signifikan dengan kejadian dislipidemia (p <0,05).
Simpulan: Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan obesitas sentral dengan kejadian dislipidemia pada usia dewasa di Indonesia baik sebelum maupun setelah disesuaikan dengan sosio-demografi dan gaya hidup.
Kata Kunci: obesitas sentral, dislipidemia, dewasa, lingkar perut

Item Type: Article
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nutrition Science
Depositing User: Pustakawan Gizi
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:47
Last Modified: 18 Aug 2023 08:47
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15482

Actions (login required)

View Item View Item