Search for collections on Undip Repository

STRATEGI PENGENDALIAN KUALITAS PT YCH INDONESIA SUPPLY POINT SEMARANG MENGGUNAKAN METODE PDCA (PLAN-DO-CHECK-ACT) (Studi Kasus Pada Konsumen PT Sarihusada Generasi Mahardika)

Daweski, Satika Mahda (2023) STRATEGI PENGENDALIAN KUALITAS PT YCH INDONESIA SUPPLY POINT SEMARANG MENGGUNAKAN METODE PDCA (PLAN-DO-CHECK-ACT) (Studi Kasus Pada Konsumen PT Sarihusada Generasi Mahardika). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER_Satika Mahda Daweski.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text
BAB I_Satika Mahda Daweski.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text
DAPUS_Satika Mahda Daweski.pdf - Published Version

Download (144kB)

Abstract

PT YCH Indonesia Supply Point Semarang merupakan perusahaan
internasional yang bergerak pada bidang persewaan pergudangan. Perusahaan ini
memiliki beberapa konsumen, salah satunya adalah PT Sarihusada Generasi
Mahardika dengan produknya yaitu bahan baku pembuat susu. Perusahaan ini telah
memiliki sertifikat ISO 28000 tentang keamanan rantai pasokan dan ISO 22000
tentang keamanan pangan. Sertifikat tersebut membuktikan bahwa perusahaan telah
menerapkan pengendalian kualitas yang baik. Akan tetapi, pada kenyataannya
perusahaan masih memiliki produk rusak yang melebihi target perbulannya.
Sedangkan target tersebut sebesar 0,01% perbulan dari besarnya jumlah inbound
perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengendalian kualitas
yang dilakukan PT YCH Indonesia Supply Point Semarang terhadap konsumennya
yaitu PT Sarihusada Generasi Mahardika, strategi yang tepat digunakan untuk
pengendalian kualitas, dan mengetahui faktor pendorong serta penghambat
pengendalian kualitas di PT YCH Indonesia Supply Point Semarang. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan
menggunakan metode analisis data PDCA (Plan-Do-Check-Act) serta
menggunakan alat bantu analisis 5wys analysis.
Hasil penelitian ini adalah pengendalian kualitas di PT YCH Indonesia
Supply Point Semarang dengan konsumennya PT Sarihusada Generasi Mahardika
masih kurang maksimal. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya produk rusak
yang jumlahnya melebihi target perbulannya yaitu 0,01% dari jumlah inbound
perusahaan. Hal tersebut dapat diperbaiki dengan menggunakan strategi PDCA
yang dilakukan perusahaan dan pembuatan One Point Lesson (OPL) untuk
menunjang keberhasilan perbaikan yang dilakukan.
Kata kunci : Pengendalian Kualitas, Produk Rusak, PDCA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, Produk Rusak, PDCA
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:05
Last Modified: 14 Sep 2023 07:07
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15349

Actions (login required)

View Item View Item