Search for collections on Undip Repository

Analisis Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian Bayam Organik dan Bayam Non Organik di Beberapa Pasar Swalayan Kabupaten Bogor

Inayanti, Hanifah and Prasetyo, Edy and Nurfadillah, Suryani (2023) Analisis Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian Bayam Organik dan Bayam Non Organik di Beberapa Pasar Swalayan Kabupaten Bogor. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Bagian 1_Skripsi_Hanifah Inayanti_Agribisnis 2019.pdf

Download (540kB)
[img] Text
Bagian 2_Skripsi_Hanifah Inayanti_Agribisnis 2019.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Bagian 3_Skripsi_Hanifah Inayanti_Agribisnis 2019.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Bagian 4_Skripsi_Hanifah Inayanti_Agribisnis 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian 5_Skripsi_Hanifah Inayanti_Agribisnis 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian 6_Skripsi_Hanifah Inayanti_Agribisnis 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text
Bagian 7_Skripsi_Hanifah Inayanti_Agribisnis 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Pergeseran pola konsumsi masyarakat menyebabkan konsumen lebih peduli akan
kesehatan dan lingkungan sehingga mereka memilih produk organik. Salah satunya
adalah konsumsi bayam organik, walaupun bayam non organik juga masih diminati
oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis preferensi konsumen bayam
organik dan bayam non organik, menganalisis urutan atribut terpenting bagi
konsumen dalam pembelian bayam organik dan bayam non organik, serta
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian bayam
organik dan bayam non organik di Kabupaten Bogor. Penelitian dilakukan di Super
Indo Pabuaran Cibinong, Super Indo Cikaret, dan Supermarket AEON Mall Sentul
City. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Metode pengambilan
sampel menggunakan accidental sampling. Sebagai sampel penelitian adalah
kosumen bayam organik dan non organik, yang penentuan jumlah sampelnya
menggunakan metode quota sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 85
responden yang terdiri dari 32 konsumen bayam organik dan 53 konsumen bayam
non organik. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis
Konjoin, dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
preferensi konsumen terhadap bayam organik adalah bayam dengan harga
<Rp7.000/150gr – Rp15.000/150gr, berdaun lebar dan tidak berlubang, daun
berwarna hijau muda, dan kemasan dengan plastik polos. Konsumen lebih
menyukai bayam non organik yang harga <Rp3.000/150gr, berdaun lebar dan tidak
berlubang, daun berwarna hijau muda, dan kemasan plastik berlabel. Urutan atribut
terpenting baik pada bayam organik dan bayam non organik, yaitu tampilan fisik,
harga, kemasan, dan warna daun. Variabel harga, tampilan fisik, kemasan, motivasi,
pendapatan dan pengetahuan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap
keputusan pembelian bayam organik dan bayam non organik di Kabupaten Bogor.
Kata kunci: bayam, keputusan pembelian, konsumen, preferensi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bayam, keputusan pembelian, konsumen, preferensi
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 05 Jan 2024 04:05
Last Modified: 05 Jan 2024 04:05
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15324

Actions (login required)

View Item View Item