Search for collections on Undip Repository

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA BATIK TULIS BAKARAN NINUK NARDI DI KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI

Sari, Mia Permata (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA BATIK TULIS BAKARAN NINUK NARDI DI KECAMATAN JUWANA KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
MAL_S_Mia Permata Sari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER_Mia Permata Sari.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text
BAB I_Mia Permata Sari.pdf - Published Version

Download (108kB)
[img] Text
DAPUS_Mia Permata Sari.pdf - Published Version

Download (161kB)

Abstract

Strategi pemasaran dan inovasi pemasaran merupakan serangkaian
kebijakan dan aturan yang memberikan arahan kepada usaha usaha, dari waktu ke
waktu, pada masing-masing tingkatan dan acuan serta alokasinya, terutama
sebagai tanggapan UMKM dalam menghadapi lingkungan dan keadaan pesaing
yang selalu berubah ubah. Persaingan UMKM saat ini semakin ketat, untuk itu
setiap UMKM harus mempertahankan dan menciptakan produk produk yang lebih
berkualitas Strategi pemasaran yang di lakukan Batik tulis Bakaran Ninuk Nardi
di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati masih sederhana seperti promosi yang
dilakukan dari mulut ke mulut (mouth of mouth) sehingga penjualan yang
dihasilkan kurang optimal. Hal ini mengakibatkan banyak pembeli kesulitan
dalam memilih gambar dan corak motif yang sesuai dengan keinginannya, serta
penentuan jumlah produksi di usaha batik tulis bakaran ini terkadang tidak
menentu menyebabkan UMKM Batik Tulis Bakaran Ninuk Nardi tidak terus
menerus dalam memproduksi barang dan lebih memilih membeli di supplier. Dari
permasalahan tersebut maka perlu di terapkan strategi pemasaran dan inovasi
pemasaran yang tepat untuk meningkatkan volume penjualan. Tujuan penelitian
untuk mengetahui strategi pemasaran yang tepat pada Batik Tulis Bakaran Ninuk
Nardi di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati serta untuk mengetahui inovasi
pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan daya saing produk pada Batik
Tulis Bakaran Ninuk Nardi di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian analisis deskriptif, sumber
data primer dan sekunder serta menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan daya
saingnya Batik Tulis Ninuk Nardi di Kecamatan Juwana Kabupaten Pati
menggunakan beberapa strategi pemasaran antara lain segmentation, targeting,
positioning, dan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4P yakni
product, price, place, promotion. Inovasi pemasaran yang digunakan untuk
meningkatkan daya saing produk Batik Tulis Ninuk Nardi di Kecamatan Juwana
Kabupaten Pati antara lain dengan melakukan pengembangan produk, selalu
memperbaiki packaging (kemasan), dan melakukan digitalisasi.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Inovasi Pemasaran, Daya Saing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Inovasi Pemasaran, Daya Saing
Subjects: Economics and Business
Economics and Business > Management
Divisions: School of Vocation > Diploma in Management
Depositing User: Oktavia Perpus Vokasi
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:45
Last Modified: 26 Sep 2023 03:40
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15307

Actions (login required)

View Item View Item