HENDRAWAN, Hariadi (2023) INVESTIGASI TANGGAPAN NASABAH ATAS PRODUK BARU BNIFX PADA PT. BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK. WILAYAH JAKARTA SENAYAN. Masters thesis, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
![]() |
Text (Cover)
1._T___Cover___12010119410062.pdf - Published Version Download (216kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Inggris))
4._T___Abstrak_(Inggris)___12010119410062.pdf - Published Version Download (246kB) |
![]() |
Text (Abstrak (Indonesia))
5._T___Abstrak_(Indonesia)___12010119410062.pdf - Published Version Download (248kB) |
![]() |
Text (Daftar Isi)
6._T___Daftar_Isi___12010119410062.pdf - Published Version Download (245kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
12._T___Daftar_Pustaka___12010119410062.pdf - Published Version Download (324kB) |
![]() |
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
16._T___Fulltext_PDF_Bookmarks___12010119410062.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pandemi covid-19 menuntut layanan teknologi perbankan menjadi sebuah
kebutuhan dan semakin meningkat. Hal ini ditangkap sebagai peluang yang sangat
baik bagi PT. Bank BNI (Persero) Tbk. Wilayah Jakarta Senayan yang melakukan
tindakan secara strategis yaitu pada tanggal 23 Agustus 2021 melakukan launching
produk baru berbasis digital yaitu BNIFX. Permasalahannya hingga tahun 2022,
dari 4.081 nasabah kelompok wholesale yang merupakan segmen utama hanya 3
(tiga) nasabah yang sudah bertransaksi melalui BNIFX (0,0007%). Berdasarkan hal
ini, maka penelitian ini dimaksudkann untuk menginvestigasi faktor yang
mendorong nasabah melakukan transaksi pada BNIFX dan nilai tambah apa yang
sudah diperoleh; faktor yang menyebabkan nasabah belum melakukan transaksi
pada produk BNIFX dan produk yang lebih diminati; serta menginvestigasi strategi
yang dilakukan oleh pihak manajemen kemungkinan risiko terjadi penolakan
BNIFX.
Jenis penelitian menggunakan desain kualitatif, sumber data utama diperoleh
wawancara terbuka. Informan di tetapkan dari nasabah kelompok wholesale
masing-masing 3 (tiga) nasabah yang sudah dan belum melakukan transaksi dengan
BNIFX, kemudian 1 (satu) informan dari pihak manajemen divisi treasury. Teknik
analisis dengan deskriptif kualitatif pendekatan interpretif.
Hasil penelitian ini diperoleh konsep bahwa : (1). Bagi yang telah
menggunakan BNIFX dikarenakan data menjadi sangat riil time, waktu lebih
efisien dan efektif, cut off, pricing, dan kepercayaan. Terkait ini, belum ada nilai
tambah yang cukup berarti. (2). Penyebab utama bagi yang belum menggunakan
BNIFX dikarenakan takut beradaptasi dengan sistem baru, sehingga produk yang
lebih diminati adalah BNI direct. (3). Strategi utama yang dilakukan yaitu
mengoptimalkan jaringan kantor cabang yang sangat luas (baik di dalam maupun
di luar negeri), meningkatkan knowledge bagi nasabah potensial, melakukan
peningkatan teknik promosi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BNIFX, wholesale, faktor pendorong, faktor pendorong, strategi pemasaran |
Subjects: | Economics and Business Economics and Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economics and Business > Master Program in Management |
Depositing User: | Mr Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 02:08 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 02:08 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/15191 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |