Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI BUAH MANGGA ARUM MANIS DI PASAR TRADISIONAL KOTA SEMARANG

Pratama, Erick Tahta and Ekowati, Titik and Santoso, Siswanto Imam (2023) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI BUAH MANGGA ARUM MANIS DI PASAR TRADISIONAL KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text
Cover-Daftar Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis karakteristik konsumen, pengaruh antara jumlah anggota keluarga dan pembelian buah mangga arum manis, serta menganalisis atribut dan preferensi konsumen terhadap buah mangga arum manis di pasar tradisional Kota Semarang. Lokasi yang digunakan dalam penelitian bertempat di empat pasar tradisional Kota Semarang yaitu Pasar Johar, Pasar Peterongan, Pasar Bulu, dan Pasar Karangayu. Metode penelitian yaitu metode survei dengan menggunakan kuesioner dan pengambilan sampel secara non-probability sampling dengan teknik quota sampling sebanyak 50 responden yaitu pembeli buah mangga arum manis di pasar trdisional Kota Semarang. Metode analisis adalah analisis deskriptif, analisis Crosstab dan analisis Chi-square untuk mengetahui pengaruh antara jumlah anggota keluarga dengan jumlah pembelian buah mangga arum manis, dan analisis Konjoin untuk mengetahui Atribut buah mangga arum manis yang mempengaruhi preferensi konsumen buah mangga di pasar tradisional Kota Semarang. Hasil penelitian menunjukan konsumen buah mangga arum manis di pasar tradisional Kota Semarang memiliki karakteristik antara lain: rata – rata konsumen berusia 41 tahun, mayoritas pembeli perempuan, mayoritas pendidikan konsumen yaitu diploma III/IV/Sarjana, konsumen dengan jumlah anggota keluarga tertinggi yaitu 4 orang, dan mayoritas pendapatan konsumen yaitu Rp. 2.500.000,00. Hasil analisis Chi square dan Crosstab menunjukkan adanya pengaruh antara jumlah anggota keluarga dengan jumlah pembelian buah mangga arum manis. Hasil analisis Konjoin menunjukkan konsumen lebih menyukai buah mangga arum manis yang berwarna hijau muda atau kekuning – kuningan dengan rasa manis dan berukuran kecil. Urutan atribut buah mangga arum manis paling penting pada saat melakukan proses pembelian berdasarkan nilai Importance Values yaitu atribut ukuran diikuti rasa dan warna.

Kata Kunci: Buah mangga, karakteristik, preferensi, konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buah mangga, karakteristik, preferensi, konsumen.
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:26
Last Modified: 05 Jan 2024 03:26
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14576

Actions (login required)

View Item View Item