Search for collections on Undip Repository

ANALISIS PENGARUH TRUST, PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN PERCEIVED RISK DALAM REPURCHASE INTENTION DOMPET ELEKTRONIK SHOPEEPAY DENGAN UMUR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA GENERASI Y DAN Z DI KOTA SEMARANG)

Tuffahissaroo, Zuhar Suroiya (2023) ANALISIS PENGARUH TRUST, PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, DAN PERCEIVED RISK DALAM REPURCHASE INTENTION DOMPET ELEKTRONIK SHOPEEPAY DENGAN UMUR SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA GENERASI Y DAN Z DI KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (442kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dompet elektronik shopeepay merupakan sebuah teknologi yang memberikan layanan uang elektronik sebagai metode pembayaran online di aplikasi Shopee. Guna menganalisis dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi diterimanya penggunaan teknologi dibangun suatu model penerimaan teknologi (Technology Acceptance Model), yang dikembangkan oleh Davis. Technology Acceptance Model (TAM) kemudian dikembangkan kembali oleh Pavlou, Pavlou memodifikasi model TAM dengan menambahkan kepercayaan (trust) dan risiko (risk) sebagai konstruk tambahan. Sejalan dengan penelitian pavlou, penelitian ini juga meneliti konstruk yang sama dengan adanya pembaharuan pada variabel dependen yaitu niat beli ulang (repurchase intention), serta adanya variabel umur sebagai variabel moderasi.
Penelitian kuantitatif dengan tipe explanatory research ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trust, perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived risk dalam repurchase intention dompet elektronik shopeepay dengan umur sebagai variabel moderasi (studi pada generasi y dan z di kota semarang). Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 200 responden yang terdiri dari 100 generasi Z dan 100 generasi Y pengguna dompet elektronik shopeepay di Kota Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS), yang diestimasi dengan program SmartPLS 3.2.9 for windows.
Berdasarkan hasil analisis olah data dengan SmartPLS menjelaskan bahwa trust dan perceived usefulness memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap repurchase intention, perceived ease of use berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap repurchase intention dan perceived risk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap repurchase intention. Rekomendasi yang disarankan untuk pihak dompet elektronik shopeepay diharapkan untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan kepercayaan konsumen serta persepsi konsumen terhadap manfaat dikarenakan kepercayaan konsumen persepsi konsumen terhadap manfaat berpengaruh terhadap niat beli ulang atau niat penggunaan ulang dompet elektronik shopeepay.

Kata Kunci : trust, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk, dan repurchase intention

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:49
Last Modified: 07 Jul 2023 01:49
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14539

Actions (login required)

View Item View Item