Search for collections on Undip Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP BRAND SWITCHING MELALUI KETIDAKPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Brand Switching Laptop Merek ASUS ke Merek Lain di Kota Semarang)

Meidea, Zhurna Auliya Istiq (2023) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP BRAND SWITCHING MELALUI KETIDAKPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Brand Switching Laptop Merek ASUS ke Merek Lain di Kota Semarang). Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf - Submitted Version

Download (459kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (365kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (699kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (230kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)

Abstract

Adanya perkembangan teknologi menjadikan semakin banyak produk yang beragam untuk menunjang kebutuhan manusia, salah satunya jenis laptop. Pada tahun 2020 pengguna laptop meningkat hingga 1,77 miliar unit, pada tahun 2021 laptop ASUS menjadi merek yang menduduki peringkat teratas Top Brand Index dan menguasai pangsa pasar laptop Indonesia sebesar 43,59%. Namun pada tahun 2022 tergeser merek lain, hal ini juga didukung keluhan di Twitter dan hasil pra- survey terhadap 30 responden mengenai beberapa aspek seperti baterai dan kinerja produknya. Setelah responden menggunakan laptop merek ASUS, 36,67% responden berpindah ke laptop merek Lenovo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap brand switching melalui ketidakpuasan konsumen sebagai variabel intervening. Jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diambil dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Metode penelitian purposive sampling dan open ended. Jenis penelitian ini explanatory research. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SmartPLS 3.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand switching melalui ketidakpuasan konsumen. Penelitian ini mendukung teori perilaku konsumen dalam proses evaluasi. Keterbatasan penelitian ini yaitu dalam pengumpulan data hanya berisi responden yang memenuhi kriteria. Saran untuk penelitian selanjutnya dapat dilakukan di wilayah lain untuk mendapat hasil beragam dan dapat menambahkan variabel lain seperti customer experience.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:24
Last Modified: 07 Jul 2023 02:24
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14532

Actions (login required)

View Item View Item