Search for collections on Undip Repository

STUDI PENGUKURAN BRAND IDENTITY DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA BUKIT CINTA RAWA PENING KABUPATEN SEMARANG

Khairunisa, Asha Eilena (2023) STUDI PENGUKURAN BRAND IDENTITY DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA BUKIT CINTA RAWA PENING KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER_Asha Eilena Khairunisa (14020119140150).pdf - Submitted Version

Download (473kB)
[img] Text
BAB I_Asha Eilena Khairunisa (14020119140150).pdf - Submitted Version

Download (556kB)
[img] Text
BAB II_Asha Eilena Khairunisa (14020119140150).pdf - Submitted Version

Download (225kB)
[img] Text
BAB III_Asha Eilena Khairunisa (14020119140150).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_Asha Eilena Khairunisa (14020119140150).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_Asha Eilena Khairunisa (14020119140150).pdf - Submitted Version

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN_Asha Eilena Khairunisa (14020119140150).pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kunjungan wisata ke objek wisata Bukit Cinta Rawa Pening belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan brand identity dalam upaya meningkatkan kunjungan wisata Bukit Cinta Rawa Pening serta menganalisis faktor pendorong dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh keputusan mengenai strategi penguatan branding. Hasil penelitian menunjukkan penguatan Branding telah dilakukan terhadap 4 komponen wisata (4A), dengan alternatif prioritas pada aspek Attraction dengan skor total sebesar 0,35. Faktor pendorong dalam penguatan Branding antara lain; potensi daya tarik alam dan budaya yang mendukung, tersedianya fasilitas dasar dan pendukung dengan kondisi yang memadai, lokasi yang strategis dengan infrastruktur jalan yang mendukung, tersedianya media promosi online aktif, serta telah dijalankannya kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata. Adapun faktor penghambatnya antara lain; pertumbuhan eceng gondok yang mengganggu keindahan alam, keterbatasan pengelolaan wisata berkaitan dengan aturan konservasi, keterbatasan pengelolaan anggaran, kurangnya variasi wisata air, tidak adanya restoran di dalam area objek wisata, masih sedikitnya angkutan umum dari dan menuju objek wisata, dan belum optimalnya pemanfaatan media promosi online. Saran yang dapat diberikan yaitu; pengelola dan pemerintah daerah perlu berupaya untuk tetap menjaga keindahan dan kelestarian danau Rawa Pening, disamping mengoptimalkan media promosi online sebagai sarana branding. Penting untuk dilakukan peningkatkan capacity building bagi pengelola dan staf Bukit Cinta Rawa Pening terutama dengan mengadakan pelatihan SDM, serta mengadakan sistem perbaikan kinerja pegawai baik pemerintah daerah maupun pengelola. Keywords: Pariwisata, Brand Identity, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:31
Last Modified: 07 Jul 2023 02:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14521

Actions (login required)

View Item View Item