Search for collections on Undip Repository

Memahami Fenomena Cyberbullying Pada Selebgram di Media Sosial Instagram

Kristianti, Jihan Nur Firdausa Pasha (2023) Memahami Fenomena Cyberbullying Pada Selebgram di Media Sosial Instagram. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf - Submitted Version

Download (255kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (889kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (490kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (767kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (116kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)

Abstract

Globalisasi menyebabkan interaksi antara satu orang ke orang lain dengan cakupan seluruh orang di dunia sehingga seolah-olah tidak ada batas dalam memperoleh berbagai informasi dari berbagai belahan dunia. Namun dengan kemudahan dalam berkomunikasi, tidak menutup kemungkinan terjadinya kejahatan di dunia maya. Hal ini lah yang melatarbelakangi maraknya kasus cyberbullying kepada selebgram di instagram. Cyberbullying secara umum diartikan sebagai sebuah tindakan intimidasi atau kekerasan verbal yang dilakukan pelaku melalui internet atau jejaring sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pengalaman selebgram akan tindakan cyberbullying yang mereka alami, bagaimana pandangan selebgram akan tindakan cyberbullying yang mereka alami, dan untuk mengetahui respon apa saja yang diberikan oleh selebgram dalam menyikapi tindakan cyberbullying yang mereka alami. Dalam penelitian ini menggunakan paradigma interpretif pendekatan fenomenologi dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif teori media baru dan teori rangsangan-reaksi. Dengan pendekatan fenomenologi, penelitian ini berusaha memahami sebuah fenomena cyberbullying melalui sudut pandang korban. Subjek penelitian ini terdiri dari lima informan dengan melakukan wawancara mendalam.
Hasil temuan penelitian ini dilihat dari sudut pandang selebgram sebagai korban. Kesimpulannya adalah peneliti menemukan bahwa terjadinya cyberbullying itu didorong dengan kemajuan internet. Tindakan cyberbullying yang dialami selebgram sebagai korban juga berpengaruh pada mental korban sendiri dan menjadi momok yang menyeramkan namun sekaligus bisa menjadi sesuatu hal yang secara tidak langsung menguntungkan. Dan juga respon yang dilakukan oleh para korban secara garis besar sama, namun masih sedikit orang yang memilih untuk menyerahkan kasus ini kepada pihak yang berwajib.
Kata Kunci: Fenomena Cyberbullying, Selebgram, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Communication
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:19
Last Modified: 07 Jul 2023 03:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14452

Actions (login required)

View Item View Item