DAMAYANTI, ANNISA RAHMADILA (2023) PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SOMETHINC (Studi pada Konsumen Somethinc di Kota Semarang). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.
![]() |
Text
COVER.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (406kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf - Submitted Version Download (762kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Submitted Version Download (615kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
Abstract
Persaingan industri kosmetik di Indonesia yang semakin ketat membuat perusahaan harus mengembangkan strategi pemasarannya dan membangun kesadaran merek agar konsumen dapat mengetahui dan menyadari eksistensinya di tengah-tengah mereka. Celebrity endorser dan brand awareness diduga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui celebrity endorser dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk Somethinc di Kota Semarang. Tipe penelitian ini adalah explanatory research dengan teknik pengambilan sampel probability sampling yaitu proportionate stratified sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 konsumen Somethinc di Kota Semarang. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara offline dengan mendatangi toko-toko kosmetik di Kota Semarang. Penulis juga melakukan penyebaran kuesioner lebih lanjut secara online melalui Google Form. Penelitian ini diolah menggunakan SPSS for windows version 25.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser (X₁) dan brand awareness (X₂) secara stimultan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Celebrity endorser secara parsial menyumbang sebesar 23,8% terhadap keputusan pembelian. Sedangkan brand awareness secara parsial menyumbang sebesar 58,6% terhadap keputusan pembelian. Kemudian celebrity endorser dan brand awareness secara stimultan menyumbang sebesar 59,8% terhadap keputusan pembelian.
Disarankan agar Somethinc perlu memperhatikan penggunaan celebrity endorser selanjutnya yang mampu meyakinkan dan membuat konsumen suka dengan produk Somethinc. Selanjutnya, Somethinc dapat meningkatkan brand awareness melalui social media seperti Instagram dan Tik Tok untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen agar terus memilih dan menggunakan produk Somethinc.
Kata kunci : Brand Awareness, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Social Science and Political Science |
Divisions: | Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration |
Depositing User: | Fakultas ISIP |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 04:17 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 04:17 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |