Search for collections on Undip Repository

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan Produksi Divisi Snack PT Dua Kelinci Pati)

Ariyanti, Kartika Khrisna (2023) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan Produksi Divisi Snack PT Dua Kelinci Pati). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (948kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (662kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (308kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT Dua Kelinci adalah sebuah perusahaan manufaktur di Indonesia yang di bidang industri makanan berupa makanan ringan dan minuman serbuk berperisa yang mampu memanfaatkan peluang pasar industri makanan dalam negeri maupun luar negeri. Permasalahan yang dihadapi adalah fluktuasi penurunan kinerja karyawan pada tahun 2018 – 2021. Hingga tahun 2021 kinerja karyawan mengalami penurunan yang signifikan. Budaya Organisasi, lingkungan kerja dan kepuasan kerja menjadi variabel yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja pada PT Dua Kelinci. Tipe penelitian ini menggunakan explanatory research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus. Jumlah sampel adalah 55 karyawan produksi divisi snack yang telah memiliki masa kerja lebih dari 1 tahun. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model berbasis Partial Least Square (SEM PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 4 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi dan lingkungan kerja memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dan kinerja karyawan. Budaya organisasi dan lingkungan kerja juga berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja. Variabel kepuasan kerja dalam penelitian ini berperan sebagai pemediasi parsial. Saran untuk pihak PT Dua Kelinci adalah meningkatkan keuletan karyawan dengan cara mencontohkan kerja yang lebih giat dan memperbaiki kualitas lingkungan kerja sehingga dapat mendukung karyawan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya dapat ditambahkan variable lain yang mempengaruhi kinerja karyawan serta memperluas populasi yang digunakan sebagai objek penelitian.
Kata kunci : Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:19
Last Modified: 07 Aug 2023 04:19
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14283

Actions (login required)

View Item View Item