Search for collections on Undip Repository

EVALUASI LAYANAN INFORMASI MITIGASI BENCANA MELALUI WEBSITE PANTAU BANJIR DI KOTA SEMARANG

Agustien, Charisa Mellasyafa (2023) EVALUASI LAYANAN INFORMASI MITIGASI BENCANA MELALUI WEBSITE PANTAU BANJIR DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
1.COVER.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (699kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (355kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Website layanan informasi pantau banjir dibuat untuk memberikan akses masyarakat agar turut serta dalam pemantauan resiko banjir di Kota Semarang sekaligus sebagai upaya pemerintah untuk deteksi dini bencana banjir di Kota Semarang, namun pada kenyataanya bencana banjir masih terus terjadi di Kota Semarang yang mengindikasikan bahwa webiste belum dimanfaatkan dengan maksimal. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi layanan informasi website pantau banjir di Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas pelayanan online e-government oleh Xuetao Guo dan Jie lu, yang terdiri dari system quality, information quality, web presence quality dan user satisfaction. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna website pantau banjir dengan sampel 100 responden menggunakan teknik purposive sampling. Hasil Evaluasi berdasarkan penelitian menunjukkan system quality mendapat nilai 84,01% dengan kategori sangat baik, information quality 84,56% dengan kategori sangat baik, web presence quality mendapat nilai 87,94% dengan kategori sangat baik, user satisfaction 78,82% dengan kategori baik,namun masih terdapat kesenjangan (gap) pada seluruh dimensi, item yang memperlukan perbaikan utama adalah kecepatan respon dan kemudahan fitur CCTV, kelengkapan informasi deteksi dni bencana banjir, keseluruhan kualitas sistem memuaskan pengguna, dan keseluruhan kualitas informasi memuaskan pengguna.

Kata Kunci : Evaluasi, Website, Layanan Informasi, Pantau Banjir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: Fakultas ISIP
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:11
Last Modified: 07 Aug 2023 08:11
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14241

Actions (login required)

View Item View Item