Search for collections on Undip Repository

Hubungan Strategi Koping dengan Psychological Well - Being dalam Pembelajaran Transisi Dalam Jaringan – Luar Jaringan pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan Universitas Diponegoro

Lorenza, Tamara Gita (2023) Hubungan Strategi Koping dengan Psychological Well - Being dalam Pembelajaran Transisi Dalam Jaringan – Luar Jaringan pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
COVER.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masa transisi berdampak pada berubahnya metode pembelajaran dari daring ke luring. Perubahan tersebut memerlukan upaya adaptasi dari mahasiswa. Stresor baru dapat muncul apabila mahasiswa tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan belajar yang baru. Mahasiswa keperawatan merupakan subjek yang rentan menggunakan strategi koping avoidant. Tingkat stres yang dimiliki mahasiswa dapat mempengaruhi penggunaan strategi koping dan berkontribusi pada psychological well-being yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara strategi koping dengan psychological well-being dalam pembelajaran transisi daring-luring pada mahasiswa sarjana Keperawatan Universitas Diponegoro. Penelitian ini adalah sebuah studi deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Total sampel dari penelitian ini adalah 373 responden yang terdiri dari seluruh mahasiswa sarjana Keperawatan UNDIP angkatan 2020 dan 2021. Data diambil dengan menggunakan kuesioner Ways of Coping dan Psychological Well-Being. Analisis statistik yang digunakan yaitu uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 61,9% mahasiswa menggunakan strategi koping emotion-focused coping dan 65,1% mahasiswa memiliki tingkat psychological well-being sedang. Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara strategi koping dengan psychological well-being dalam pembelajaran transisi dalam jaringan-luar jaringan pada mahasiswa sarjana Keperawatan Universitas Diponegoro dengan nilai p�value=0,011. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar mahasiswa mampu mengelola stres dengan menggunakan strategi koping yang tepat dan efektif sehingga turut membantu untuk meningkatkan psychological well�being yang dimilikinya selama mengikuti pembelajaran transisi.
Kata Kunci: Strategi Koping, Psychological Well-Being, Mahasiswa Keperawatan, Pembelajaran Daring Luring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK
Date Deposited: 26 Jun 2023 09:35
Last Modified: 26 Jun 2023 09:35
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/14032

Actions (login required)

View Item View Item