Search for collections on Undip Repository

PENGARUH VIRAL MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM DAN TIKTOK) DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BITTERSWEET BY NAJLA (Studi pada Pengguna Media Sosial Instagram dan Tiktok di Kota Jakarta Timur)

Pratiwi, Bernadheta Murni Kusuma (2023) PENGARUH VIRAL MARKETING MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM DAN TIKTOK) DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BITTERSWEET BY NAJLA (Studi pada Pengguna Media Sosial Instagram dan Tiktok di Kota Jakarta Timur). Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (785kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (574kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)

Abstract

Pemasaran melalui jejaring internet dapat sangat cepat menarik perhatian konsumen, sehingga para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk memikat hati konsumen melalui promosi di platform media sosial. Bittersweet by Najla merupakan salah satu bisnis yang cukup memanfaatkan teknologi internet menggunakan platform media sosial sebagai alat untuk mempromosikan produknya. Namun, di tengah persaingan penggunaan media sosial sebagai media pemasaran, kemungkinan bahwa upaya adanya viral marketing dan kepercayaan konsumen belum tentu dapat membuat konsumen melakukan keputusan pembelian terhadap suatu produk. Hal tersebut diduga dikarenakan audiens hanya melihat konten dan promosi Bittersweet by Najla saja namun belum pernah sampai melakukan pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Bittersweet by Najla. Tipe penelitian ini merupakan penelitian Explanatory Research dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling, metode purposive sampling dan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden konsumen Bittersweet by Najla di Kota Jakarta Timur. Analisis data diolah melalui uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, analisis regresi sederhana dan berganda, koefisien determinasi, uji signifikansi, dan diuji menggunakan SPSS versi 24.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel viral marketing dan kepercayaan kosumen masing-masing memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap keptusan pembelian. Dua variabel telah diuji secara bertahap maupun bersama-sama menunjukkan bahwa variabel viral marketing (0,587) dan kepercayaan konsumen (0,646) dan secara simultan memiliki hubungan yang pada tingkat kuat terhadap variabel keputusan pembelian. Besarnya sumbangan yang dimiliki oleh variabel kepercayaan konsumen lebih besar dari besaran sumbangan variabel viral marketing, nilai koefisien determinasi ( ) untuk variabel viral marketing sebesar 34,4% dan kepercayaan konsumen sebesar 41,7%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, Bittersweey by Najla disarankan untuk tetap meningkatkan kreatifitas dan berinovasi dalam membuat sebuah konten dalam memasarkan produk supaya konsumen lebih tertarik lagi untuk mencaritahu dan membericarakan produk tersebut, memperhatikan lebih teliti lagi setiap informasi, kualitas dan kecepatan tanggapan yang akan diberikan kepada konsumen agar terciptanya kepercayaan, hubungan penjual dan konsumen akan terus terjaga dengan baik demi kelancaran berjalannya bisnis.

Kata kunci : Viral Marketing, Kepercayaan Konsumen, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Business Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 23 Jun 2023 07:33
Last Modified: 23 Jun 2023 07:33
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

View Item View Item