Search for collections on Undip Repository

PEMANFATAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI INOVASI AGRIBISNIS DALAM USAHA SAYURAN PADA ERA DIGITALISASI

Ruth, Anastasia and Prasetyo, Agus Subhan and Sumekar, Wulan (2023) PEMANFATAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI INOVASI AGRIBISNIS DALAM USAHA SAYURAN PADA ERA DIGITALISASI. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Skripsi Cover-Lampiran_Anastasia Ruth.pdf

Download (341kB)
[img] Text
Skripsi Bab I_Anastasia Ruth.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Skripsi Bab II_Anastasia Ruth.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Skripsi Bab III_Anastasia Ruth.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Bab III_Anastasia Ruth.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Bab IV_Anastasia Ruth.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Bab V_Anastasia Ruth.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
Skripsi Daftar Pustaka-Lampiran_Anastasia Ruth.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial Instagram banyak dimanfaatkan pelaku usaha sebagai penunjang produktivitas bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik demografik konsumen dan menganalisis pengaruh karakteristik inovasi terhadap minat pemanfaatan inovasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November – Desember 2022 secara online pada wilayah cakupan e-commerce Segari, yaitu Jakarta, Depok. Tangerang, dan Bekasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling, yaitu purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui g-form dan wawancara dengan responden yang bersedia. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif dan analisis linear berganda. Berdasarkan analisis deskriptif bahwa konsumen Segari didominasi oleh 82% perempuan, 56% berumur 25 – 35 tahun, 67% berpendidikan akhir pada tingkat sarjana, 52% berprofesi sebagai karyawan swasta, 34% berpenghasilan Rp 5.000.000 – Rp 8.000.000, 54% dan memiliki pengeluaran kebutuhan pangan sebesar <Rp3.000.000 dalam 1 bulan , 66% memanfaatkan inovasi e-commerce sebanyak 1 – 3 kali dalam 1 minggu, 55% memanfaatkan inovasi <1 bulan terakhir, dan 66% responden memperoleh infromasi mengenai akun @segari.id melalui media sosial itu sendiri. Berdasarkan hasil regresi linear berganda bahwa secara simultan karakteristik inovasi yaitu keunggulan relatif, kemudahan penggunaan, kompabilitas, triabilitas, dan observabilitas berpengaruh signifikan terhadap minat pemanfaatan. Secara parsial keunggulan relatif dan observabilitas berpengaruh signifikan, sedangkan kemudahan penggunaan, kompabilitas, dan triabilitas tidak berpengaruh signifikan.

Kata kunci: e-commerce, instagram, inovasi, media sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-commerce, instagram, inovasi, media sosial
Subjects: Animal and Agricultural Sciences
Divisions: Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness
Depositing User: User Agribisnis
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:48
Last Modified: 15 Jan 2024 04:48
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13847

Actions (login required)

View Item View Item