Siadari, Joseph Caesar and Prayoga, Kadhung and Gayatri, Siwi (2023) Komunikasi Pemasaran Petani Jambu Kristal di Kelurahan Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.
![]() |
Text
Skripsi Cover-Daftar Lampiran_Joseph Caesar Siadari.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
Skripsi BAB I Pendahuluan_Joseph Caesar Siadari.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
Skripsi BAB II Tinjauan Pustaka_Joseph Caesar Siadari.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
Skripsi BAB III Metode Penelitian_Joseph Caesar Siadari.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi BAB IV Hasil dan Pembahasan_Joseph Caesar Siadari.pdf Restricted to Repository staff only Download (934kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi BAB V Kesimpulan dan Saran_Joseph Caesar Siadari.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Skripsi Bagian Daftar Pustaka - Akhir_Joseph Caesar Siadari.pdf Download (756kB) |
Abstract
Komunikasi pemasaran berperan penting dalam hal menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Permasalahan di lokasi penelitian adalah strategi komunikasi pemasaran belum terkoordinasi secara baik dan keterbatasan pemahaman dan minimnya pengetahuan tentang cara komunikasi dalam memasarkan jambu kristal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi pemasaran petani dalam melakukan pemasaran jambu kristal sehingga petani dapat menjual jambu kristal dengan komunikasi pemasaran yang baik dan benar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2022 di Kelompok Tani Gunung Subur yang berlokasi di Kelurahan Cepoko, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data primer terkait komunikasi pemasaran yang diperoleh dari observasi dan wawancara, data sekunder terkait informasi kondisi desa dan kelompok tani yang diperoleh dari kelompok tani dan instansi yang berkaitan dengan strategi komunikasi pemasaran. Data dianalisis dengan metode analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa petani menerapkan beberapa komunikasi pemasaran, seperti iklan, tatap muka, promosi penjualan dari mulut ke mulut, dan promosi penjualan dari sosial media yaitu whatsapp dan yang menjadi kendala yaitu karena faktor pendidikan, usia dan cuaca. Oleh karena itu petani agar lebih giat dalam belajar dan mencoba hal baru mengenai komunikasi pemasaran yang lain. Penyuluh pertanian diharapkan memberikan edukasi untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani guna meningkatkan keinginan petani untuk mencoba cara baru dalam memasarkan produk jambu kristal.
Kata kunci: jambu kristal, komunikasi pemasaran, petani
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jambu kristal, komunikasi pemasaran, petani |
Subjects: | Animal and Agricultural Sciences |
Divisions: | Faculty of Animal and Agricultural Sciences > Department of Agribusiness |
Depositing User: | User Agribisnis |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:49 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:49 |
URI: | https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |