Search for collections on Undip Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU IBU DALAM MENDIDIK KEPATUHAN MENYIKAT GIGI SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MUNTILAN

PURNAMAWATI, DEWI (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU IBU DALAM MENDIDIK KEPATUHAN MENYIKAT GIGI SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MUNTILAN. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO DEWI PURNAMAWATI.pdf - Published Version

Download (431kB)

Abstract

Faktor yang sangat berpengaruh pada kepatuhan anak dalam menyikat gigi adalah perilaku ibu. Perilaku ibu yakni dalam memberikan perhatian, pengertian, edukasi, dan mengingatkan untuk selalu menyikat gigi serta dapat menyediakan fasilitas untuk anak sehingga anak dapat menyikat gigi dengan nyaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu dalam mendidik kepatuhan menyikat gigi siswa sekolah dasar di Kecamatan Muntilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah ibu dari siswa sekolah dasar kelas 1-3 di Kecamatan Muntilan dengan jumlah sampel 154 responden. Instrumen yang digunakan telah melalui uji validitas dan reliabilitas, serta pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Analisa data dilakukan dengan chi square dan regresi logistic. Hasil analisis bivariat variabel yang berhubungan dengan perilaku ibu adalah pengetahuan (p=0,007), sikap (p=0,010), sarana prasarana (p=0,008), akses informasi (0,000), dukungan guru (0,0000), dukungan keluarga (p=0,002), dan dukungan petugas kesehatan (p=0,0000). Hasil uji multivariat menunjukan variabel yang paling berpengaruh terhadap perilaku ibu adalah akses informasi (OR= 4,293), dukungan guru (OR=3,956), pengetahuan (OR=3,848), dan sarana prasarana (OR=2,993). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa akses informasi, dukungan guru, pengetahuan, dan sarana prasarana mempengaruhi perilaku ibu dalam mendidik kepatuhan anak menyikat gigi. Dari hasil penelitian ini mengungkapkan perlunya intervensi dari berbagai aspek untuk meningkatkan perilaku ibu dalam mendidik anak menyikat gigi.

Kata kunci : Perilaku ibu, mendidik, kepatuhan, menyikat gigi, anak sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:44
Last Modified: 22 Jun 2023 06:44
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13813

Actions (login required)

View Item View Item