Search for collections on Undip Repository

HUBUNGAN ASUPAN GIZI MAKRO DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN DAN PERDESAAN KABUPATEN SUKOHARJO

WAHYUDI, RIZQI (2023) HUBUNGAN ASUPAN GIZI MAKRO DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI DAERAH PERKOTAAN DAN PERDESAAN KABUPATEN SUKOHARJO. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
REPO RIZQI WAHYUDI.pdf - Published Version

Download (438kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan pencapaian seseorang dalam mempelajari suatu materi. Status gizi dan asupan gizi makro berupa energi, protein, lemak dan karbohidrat yang diperoleh saat makan dan minum dapat mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan gizi makro dan status gizi dengan prestasi belajar anak sekolah dasar di daerah perkotaan dan perdesaan kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini observasional analitik dengan desain cross-sectional. Penelitian dilakukan di SDN Cemani 03 sebagai perwakilan sekolah perkotaan serta SDN Manisharjo 02 dan SDN Jombor 03 sebagai perwakilan sekolah perdesaan. Subjek penelitian masing-masing kelompok berjumlah 25 siswa yang diambil secara purposive sampling. Data asupan gizi makro diperoleh melalui recall 2 x 24 jam. Data status gizi diperoleh dengan pengukuran antropometri. Analisis data dengan Person Product Moment, Rank Spearmen, Fisher Exact Test, Independent Sample T-test dan Mann Whitney. Berdasarkan uji statistik diperoleh bahwa nilai p value >0,05 yang berarti tidak ada hubungan antara asupan gizi makro, status gizi, dan sosial ekonomi dengan prestasi belajar siswa di daerah perkotaan dan perdesaan. Kemudian tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada status gizi dan asupan gizi makro di kedua daerah dengan nilai p value > 0,05, tetapi terdapat perbedaan pada prestasi belajar dan pendapatan orang tua dengan nilai p value secara berurutan 0,004 dan 0,002. Status gizi, asupan gizi makro, dan sosial ekonomi tidak berhubungan dengan prestasi belajar siswa di perkotaan maupun perdesaan. Kemudian tidak terdapat perbedaan status gizi, dan asupan gizi makro di kedua daerah, tetapi terdapat perbedaan prestasi belajar dan pendapatan orang tua di daerah perkotaan dan perdesaan.

Kata kunci : status gizi; asupan gizi makro; prestasi belajar; anak sekolah dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Public Health
Divisions: Faculty of Public Health > Department of Public Health
Depositing User: endah nurkhayati
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:38
Last Modified: 22 Jun 2023 06:38
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13812

Actions (login required)

View Item View Item