Search for collections on Undip Repository

MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI USAHA KONSERVASI DANAU RAWA PENING DESA KEBONDOWO KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG

HARIYANI, WINDRA (2022) MANAJEMEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI USAHA KONSERVASI DANAU RAWA PENING DESA KEBONDOWO KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (267kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (390kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Submitted Version

Download (504kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis manajemen pemberdayaan masyarakat sebagai usaha konservasi Danau Rawa Pening Desa Kebondowo dan (2) mengetahui dan menganalisis faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam pemberdayaan masyarakat sebagai usaha konservasi Danau Rawa Pening Desa Kebondowo. Di dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subyek penelitian terdiri dari Kepala Desa Kebondowo, masyarakat di Desa Kebondowo, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Semarang, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Semarang. Pengumpulan data di dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan : (1) manajemen pemberdayaan masyarakat sebagai usaha konservasi Danau Rawa Pening dijabrakan melalui fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, permotivasian, dan pengendalian atau pengawasan. Di dalam pemberdayaan masyarakat sebagai usaha konservasi Danau Rawa Pening sudah melaksanakan fungsi-fungsi tersebut, tetapi masih belum sempurna. Pada fungsi perencanaan, masih terdapat ketidakjelasan visi dan misi, serta standar yang belum ditetapkan. Fungsi pengorganisasian, sarana dan prasarana dalam menunjang kegiatan pemberdayaan masyarakat masih belum sesuai kebutuhan. Pada fungsi pengarahan, belum mampu mengubah perilaku seluruh masyarakat Desa Kebondowo, dikarenakan kualitas SDM yang berbeda-beda sehingga penerimaan masyarakat berbeda pula. Fungsi permotivasian sudah dilaksanakan dengan baik, dimana masyarakat memiliki tanggung jawab, disiplin, dan semangat. Pada pengendalian dan pengawasan, penilaian pada hasil dan dampak belum menggunakan standar yang ditetapkan pada tahap perencanaan. Faktor-faktor pendorong terdiri dari potensi desa, adanya kader-kader lingkungan, dan antusiasme masyarakat, sedangkan faktor penghambat terdiri dari anggaran, sumber daya manusia, tidak ada kolaborasi antar instansi, dan komunikasi internal eksternal.

Kata kunci : Manajemen, Pemberdayaan Masyarakat, Konservasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:41
Last Modified: 22 Jun 2023 04:41
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13801

Actions (login required)

View Item View Item