Search for collections on Undip Repository

Hubungan antara Kesejahteraan Spiritual dengan Stres pada Mahasiswa Santri di Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu Tembalang Semarang

Nibroniah, Saniyatin (2023) Hubungan antara Kesejahteraan Spiritual dengan Stres pada Mahasiswa Santri di Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu Tembalang Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
BAB I (PENDAHULUAN) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
BAB II (TINJAUAN PUSTAKA) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB III (METODOLOGI PENELITIAN) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (750kB)
[img] Text
BAB IV (HASIL PENELITIAN) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB V (PEMBAHASAN) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI (PENUTUP) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (15).pdf

Download (319kB)
[img] Text
LAMPIRAN (18).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL (1).pdf

Download (925kB)

Abstract

Kesejahteraan spiritual adalah cara individu untuk mengekspresikan kondisi kesehatan spiritualnya. Kesejahteraan spiritual ini dapat muncul karena aktivitas spiritual yang dimiliki individu. Aktivitas spiritual ini banyak dilakukan oleh mahasiswa santri. Namun, mahasiswa santri juga memiliki tekanan yang lebih banyak karena menjalani dua peran sebagai mahasiswa dan santri. Hal ini dapat menjadi stressor bagi mahasiswa santri sehingga mahasiswa santri rawan mengalami stres. Kesejahteraan spiritual mahasiswa santri ini dapat mempengaruhi stres pada mahasiswa santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesejahteraan spiritual dengan stres pada mahasiswa santri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan teknik sampel total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 223 mahasiswa santri di Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu, Tembalang, Semarang. Penelitian ini menggunakan kuesioner SWBS untuk mengukur tingkat kesejahteraan spiritual pada mahasiswa santri, sedangkan untuk mengukur tingkat stres mahasiswa santri menggunakan kuesioner DASS-42 pada item stres. Analisis data menggunakan uji Kendall’s tau-c. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 56,1% responden memiliki tingkat kesejahteraan spiritual sedang dan sebanyak 57 responden (25,6%) mengalami stres rendah. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kesejahteraan spiritual dengan stres pada mahasiswa santri dengan nilai p value 0,0001 (<0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar -0,309. Bagi mahasiswa santri disarankan untuk lebih bisa mengelola stresnya dengan cara meningkatkan kesejahteraan spiritual.

Kata kunci: Kesejahteraan spiritual, Stres, Mahasiswa Santri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:55
Last Modified: 22 Jun 2023 03:55
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13790

Actions (login required)

View Item View Item