Search for collections on Undip Repository

EVALUASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK JAKWIR CETEM DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TEGAL

Azmi, Annisa Syafaatul (2022) EVALUASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK JAKWIR CETEM DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA TEGAL. Undergraduate thesis, FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS DIPONEGORO.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Submitted Version

Download (672kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Submitted Version

Download (984kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (395kB)

Abstract

Inovasi pelayanan publik merupakansuatu perubahan pelaksanaan pelayanan darioffline bergeser online dengan memanfaatkan kecanggihan digital informasi yang kini telah menjadi kebutuhan primer. Oleh karena itu sudah banyak penelitian yang dilakukan tentang inovasi pelayanan publik di Disdukcapil, akan tetapi umumnya hanya melihat pada sisi pengguna sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa jauh keberhasilan Disdukcapil Kota Tegal dalam menerapkan inovasi “Jakwir Cetem” lebih komprehensif dan menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat penerapan inovasi tersebut.“Jakwir Cetem” merupakan inovasipenyelenggaralayanan dokumen adminduk Kota Tegal dalam wujudaplikasi android.Penelitian ini menggunakan kebijakan Kepmenpan RB Nomor 50 Tahun 2022 dan kajian teori dari Irwin., dkk dan Albury.Metode penelitiankualitatif deskriptif dengan pendekatanpengambilan data melaluiobservasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitianmenunjukkan bahwa inovasi“Jakwir Cetem”secara umum sudah memenuhi lima kriteria penilaian inovasi pelayanan publik yang termuat pada Kepmenpan-RB Nomor 50 Tahun 2022. Akan tetapi masih terdapat masyarakat Kota Tegalyang belum merasakan keuntungannya,karenapengaruhfaktor anggaran dan perencanaan yang kurang dikelola secara baik sehingga berdampak pada tidak ada insentif untuk Relawan Adminduk, danfaktor kurangnya dukungan aktifperangkat setempat yaitu Ketua RT dalam melakukan brand awareness program “Jakwir Cetem”.Rekomendasi pada masyarakat Tegal sudah saatnyameninggalkan cara pengajuan lamaberalih pada pengajuan baru lewat onlinesehingganilai keuntungan dari “Jakwir Cetem” dapat diterima oleh masyarakat Tegalsemua, kemudian untuk Disdukcapil Kota Tegal diharapkan mampu menghadiahkan sesuatu yang bernilai kepada Relawan Admindukserta diharapkan merangkul perangkatRT desa supaya menjamin ketepatan sasaran penyebaran informasi secara menyeluruh kepada warga Kota Tegal.
Kata Kunci : Evaluasi, Inovasi Pelayanan Publik, Disdukcapil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Social Science and Political Science
Divisions: Faculty of Social and Political Sciences > Department of Public Administration
Depositing User: diana nirwani
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:41
Last Modified: 11 Jun 2024 04:52
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13648

Actions (login required)

View Item View Item