Search for collections on Undip Repository

Hubungan Sleep Hygiene dengan Insomnia pada Lansia di Panti Wredha Pucang Gading Semarang

Andini, Agesti Tri (2023) Hubungan Sleep Hygiene dengan Insomnia pada Lansia di Panti Wredha Pucang Gading Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Cover-Abstrak (1)_organized.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB 1 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB 2 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB 3 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB 4 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB 5 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
BAB 6 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (5).pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN (8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Insomnia merupakan salah satu gangguan pola tidur yang sering terjadi pada lansia. Faktor yang mempengaruhi lansia mengalami insomnia salah satunya adalah sleep hygiene. Sleep hygiene yang baik dapat mengurangi risiko lansia mengalami insomnia, sebaliknya sleep hygiene yang buruk dapat meningkatkan risiko lansia mengalami insomnia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan antara sleep hygiene dengan insomnia pada lansia di Panti Wredha Pucang Gading Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Sleep Hygiene Index untuk mengukur sleep hygiene pada lansia dan kuesioner Insomnia Severity Index untuk mengukur insomnia pada lansia.
Penelitian dilaksanakan di Panti Wredha Pucang Gading Semarang pada Bulan Maret 2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Consecutive Sampling dengan jumlah sampel 51 responden. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan Uji Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian variabel sleep hygiene menunjukkan sebesar 49% lansia memiliki sleep hygiene yang sedang. Hasil penelitian variabel insomnia menunjukkan sebanyak 39,2% lansia mengalami insomnia ringan. Hasil Uji Korelasi Rank Spearman kedua variabel adalah pvalue<0,05 dan r hitung sebesar 0,839. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara sleep hygiene dengan insomnia pada lansia di Panti Wredha Pucang Gading Semarang dengan kekuatan korelasi sangat kuat. Lansia dan pihak panti diharapkan dapat mengupayakan penerapan sleep hygiene yang baik sehingga dapat mengurangi risiko lansia mengalami insomnia.

Kata Kunci : Sleep Hygiene, Insomnia, Lansia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Medicine
Divisions: Faculty of Medicine > Department of Nursing
Depositing User: Nisnaeni_ N_ Keperawatan_FK
Date Deposited: 16 Jun 2023 03:19
Last Modified: 30 Apr 2024 07:14
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13550

Actions (login required)

View Item View Item