Search for collections on Undip Repository

Hubungan Antara Efikasi Diri Karir Dengan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Silaen, Michael Jhonatan and Mujiasih, Endah (2023) Hubungan Antara Efikasi Diri Karir Dengan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

[img] Text
Michael Jhonatan Silaen_15000119130147_Abstrak.docx

Download (16kB)

Abstract

Permasalahan utama pada mahasiswa tingkat akhir seringkali berkaitan dengan kesiapan kerja. Minimnya pengetahuan, keterampilan, sikap dan atribut pribadi dapat membuat mahasiswa menjadi tidak siap untuk menghadapi dunia kerja ketika mereka lulus nantinya. Penelitian-penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kesiapan kerja dapat ditingkatkan dengan dimilikinya efikasi diri karir oleh mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri karir dengan kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Populasi pada penelitian ini merupakan 229 mahasiswa tingkat akhir angkatan 2019 Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro yang memiliki rencana untuk bekerja setelah lulus dari perguruan tinggi . Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 167 mahasiswa dengan rentang usia 19-24 tahun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala efikasi diri karir (34 aitem, α = 0,932) dan skala kesiapan kerja (26 aitem, α = 0,918). Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji korelasi Spearman’s Rho yang menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri karir dengan kesiapan kerja (rxy = 0,760, p = 0,000). Hasil tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi efikasi diri karir maka akan semakin tinggi kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Kata Kunci : efikasi diri karir, kesiapan kerja, mahasiswa tingkat akhir

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fakultas Psikologi
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:31
Last Modified: 05 Feb 2024 08:31
URI: https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/13518

Actions (login required)

View Item View Item